Anjangsana Kakanminvetcad V/22 Jember Bersama LVRI Di Maran Kaliwates

JEMBER – PW: Bertempat di Markas Ranting (Maran) Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kaliwates, pada Selasa (4/8) dilaksanakan acara Anjangsana Kepala Kantor Administrasi Veteran dan Cadangan (Kakanminvetcad) V/22 Jember.

Acara tersebut dihadiri Kakanminvet V/22 Jember Mayor Inf Mashud, Ketua LVRI Cabang Jember Mayor (Purn) Sunyoto, Dewan Pertimbangan LVRI Cabang Jember Mayor (Purn) Sudarmo, Ketua Maran LVRI Patrang, Ketua Maran LVRI Sumbersari dan Ketua Maran LVRI Kaliwates bersama pengurus dan anggota Maran Kaliwates, sebanyak 32 orang, dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Acara diawali dengan sambutan selamat datang dari tuan rumah yaitu Ketua LVRI Maran Kaliwates Kapten (Purn) Soekamto, kemudian sambutan Kakanminvetcad V/22 Jember Mayor Inf Mashud yang memaparkan sekitar pelayanan administrasi veteran terkait pengajuan gelar veteran, tunjangan veteran dan lain-lain, sekaligus tanya jawab dengan hadirin sekalian mungkin ada pelayanan administrasi veteran yang belum turun dan lain-lain.

Sementara itu Ketua LVRI Cabang Jember Mayor (Purn) Sunyoto, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dengan inisiasi silaturahmi oleh ranting Kaliwates, sehingga terjalin silaturahmi yang lebih erat, terjalin komunikasi dan saya menitipkan agar anggota selalu menjaga nama baik organisasi, sebagai veteran hendaknya selalu menjadi tauladan bagi masyarakat, utamanya generasi penerus bangsa.

Usai kegiatan tersebut dalam wawancaranya Kakanminvetcad V/22 Jember Mayor Inf Mashud menyampaikan, bahwa dirinya sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh LVRI Maran Kaliwates ini. Kegiatan anjangsana seperti ini merupakan moment positif untuk menyambung tali silaturahmi antara anggota veteran sendiri dan juga dengan kita sebagai pengurus atau pelayan administrasi veteran,l. Kita bisa menyampaikan petunjuk-petunjuk atau kebijakan dari atas, misalnya dalam pengurusan pengajuan administrasi pengajuan gelar veteran itu harus sesuai hierarkhi atau prosedur yang berlaku, pasti akan kita layani dengan baik dan tidak ada biaya untuk pengurusannya. Semua kepengurusannya gratis.

Saat kami tanyakan macam-macam veteran, Mayor Inf Mashud menerangkan bahwa veteran itu ada tiga macam yaitu veteran PKRI (Pejuang Kemerdekaan RI) yg berjuang dari tanggal 17-8-1945 sampai dengan 27-12-1949 baik dari unsur TNI, Polri maupun masyarakat. Kemudian Veteran Pembela yang meliputi Trikora (pernah bertugas di Irian Barat 19-12-1961 sd 1-5-1963), Dwikora (Perbatasan Kalimantan dg Barat dg Malaysia 3-5-1964 sd 11-8-1966) dan Seroja (Timor Timur 21-5-1975 sd 17-7-1976). selanjutnya veteran Perdamaian yaitu yang pernah bertugas dinluar negeri dalam misi PBB.

Ketika dikonfirmasi tentang jumlah veteran di Wilayah Jember, Kakanminvetcad yang telah bertugas kurang lebih satu setengah tahun di Jember ini menyampaikan bahwa saat ini ada sekitar 500 orang lebih veteran. Dengan diadakannya acara seperti ini saya sangat mendukung sekali karena merupakan wahana komunikasi kami dalam mensosialisasikan petunjuk administrasi dan arahan dari Komando Atas sekaligus sharing dengan para veteran jika ada permasalahan di bawah. Pungkas Kakanminvetcad V/22 Jember tersebut. (Siswandi)

Total Views: 695 ,

Related posts