Apel Kesiapan Latihan Operasi Dukungan Pasukan Khusus Dan Latihan Operasi Dukungan Pasukan Khusus Gabungan TNI AL Ta. 2020

(Surabaya), PW: Komandan Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) Kolonel Marinir Suliono, S.E. memimpin apel kesiapan Latihan Operasi Dukungan Pasukan Khusus (Latopsduk Passus) dan Latihan Operasi Dukugan Pasukan Khusus Gabungan (Latopsduk Passusgab) TNI AL TA. 2020 di lapangan apel Batalyon Taifib 2 Marinir Karang Pilang, Surabaya, Selasa (28/07/2020)

Diawali laporan kesiapan apel latihan oleh Komandan Apel Komandan Batalyon Taifib 2 Marinir Letkol Marinir Sri Utomo, M. Si (Han), M. Tr . Opsla. Latopsduk Passus dan Latopsduk Passusgab TNI AL TA. 2020 ini akan berlangsung selama 19 hari di wilayah Surabaya, Madura dan sekitarnya yang diikuti 283 personil yaitu Yon Taifib 1, 2, 3 dan Satkopaska Armada 2 dengan satuan pendukung Kolatmar, Puspenerbal dan Koarmada 2.

Prajurit Batalyon Intai Amfibi Korps Marinir dan Komando pasukan Katak Koarmada 2 sebagai bagian dari pasukan khusus TNI AL yang mempunyai kemampuan khusus untuk melaksanakan pengintaian aspek laut, darat dan udara serta melumpuhkan kekuatan musuh yang dapat berpengaruh besar terhadap operasi yang akan dilaksanakan.

Dalam amanatnya Komandan Kolatmar menyampaikan, tujuan pelaksanaan latihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pasukan khusus TNI AL dalam taktik, tehnik serta strategi pertempuran laut, darat dan udara dalam kondisi tertentu dalam mendukung pelaksanaan tugas operasi.

Adapun materi yang dilatihkan yaitu teori berupa proses perencanaan sampai dengan pengakhiran dan praktek manuver lapangan. Diharapkan juga dalam latihan ini stamina dan fisik prajurit dapat meningkat dan semakin prima sehingga nantinya mudah beradaptasi dengan segala macam medan dan kondisi didaerah penugasan nantinya, tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan agar pelaksanaan latihan ini dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, penuh tanggung jawab dan utamakan faktor keamanan, keselamatan personil dan material. Beberapa hal yang menjadi pedoman dalam latihan yaitu : Senantiasa selalu berdoa kepada Tuha├▒ YME sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan, laksanakan segala kegiatan dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, laksanakan prosedur keamanan dan protokol kesehatan untuk mencegah kerugian personil dan material selalu berorientasi pada zero accident.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Dansatkopaska Armada 2, Asops Danpasmar 2, Wadan Kolatmar, Komandan KRI Nanggala 402, Komandan KRI Cendrawasih 533, Komandan Ron 400, Komandan Ron 600, Danyon Taifib 2, Perwira Staf Kolatmar dan Dansatlak Kolatmar.

Total Views: 509 ,

Related posts