Tim Posbindu PKM Gelar Program Kesehatan Penyuluhan Di Desa Kecamatan Pulau Makian

HALSEL PW .Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) giat bersama tim pos pembinaan terpadu (posbindu) melaksanakan program kesehatan di 15 Desa yang berada dalam wilayah Kecamatan Pulau Makian Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

Kepala Puskesmas Pulau Makian Bardawi Kamarulah, ketika dikonfirmasi Pelopor Wiratama.Rabu (21/07/20), menyampaikan bahwa 15 Desa yang ada di Kecamatan Pulau Makian akan dilaksanakan program penyuluhan kesehatan melalui tim pos pembinaan terpadu (Posbindu).  Bulan Juli programkan, lewat jadwal pelaksanaan program ini di 5 Desa yakni Wailoa, Gurua, Dauri, Ploly dan Desa Suma, Sedangkan desa lainya nanti bulan depan, begitu seterusnya.

Setiap kegiatan pertama yaitu tim mengajak masyarakat yang datang untuk melakukan Senam Anti Strok. Dilanjutkan dengan Penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan oleh tim yang bertugas dan kemudian penyuluhan (sosialisasi) oleh Dokter Puskesmas dr. Irna Fiseba, tentang Penyakit Hipertensi (Darah Tinggi) Setelah penyuluhan dilanjutkan dengan Pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut, paparnya.

Bardawi bilang, pada Senin kemarin 20 Juli kemarin bersama tim puskesmas turun ke dua Desa yaitu Desa Mailoa dan Gurua, Desa Mailoa terdapat Masyarakat yang datang dan diperiksa bejumlah 45 orang yang kebanyakan lanjut usia dalam usia 45 tahun keatas, Kunjungan dilanjutkan ke Desa Gurua Masyarakat yang datang dan diperiksa berjumlah 46 orang.

Kemarin juga kami telah turun penyuluhan di Desa Ploly dan Desa Suma, “alhamdulillah berkat kerja tim yang solid semuanya berjalan lancar dan berharap semua masyarakat dan bidan yang ada di Desa terus terbiasa dengan senam dan teredukasi dengan penyuluhan yang kami laksanakan”, ujar Bardawi.

Menurut Kepala Puskesmas, kegiatan ini adalah program kesehatan yang dilakukan setiap bulan untuk masyarakt agar secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan khususnya penyakit tidak menular seperti Strok, Hipertensi, Diabetes (penyakit Gula) dan lain-lain. Karna kesehatan adalah hak bagi setiap warga baik yg masih muda maupun yang lanjut usia. Oleh karena itu dihimbau dan diharapka bagi masyarakat untuk datang untuk mendapatkan pemeriksaan dan edukasi dari petugas kesehatan pada jadwal yang telah ditentukan untuk setiap Desa di Kecamatan Pulau Makian, pungkasnya.

Turut hadir Kepala Puskesmas Bardawi Kamarulah, Dokter Puskesmas dr. Irna Fiseba, Pj Program PTM (Penyakit Tidak Menular) Pj. Promosi Kesehatan, perawat dan petugas farmasi yang merupakan tim pos pembinaan terpadu (Posbindu) Puskesmas Kecamatan Pulau Makian. (A/Red)

Total Views: 401 ,

Related posts