Prajurit Yonmarhanlan IV Laksanakan Apel Gelar Pasukan Satgas Penyiapan Daerah Latihan Glagaspur TK III (L-3)

Tanjung Pinang, PW: Segenap Prajurit Petarung Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV Tanjung Pinang melaksanakan Apel gelar pasukan satgas penyiapan daerah latihan Glagaspur TK III (L-3) Semester II Lantamal IV Tanjung Pinang TA. 2020 bertempat di dermaga Yos Sudarso Lantamal IV Jl. Yos Sudarso Batu Hitam No. 01 Kec Tanjung Pinang Barat Provinsi Kepri, Senin (20/07/2020).

Uji terampil Glagaspur ini adalah kegiatan latihan yang digelar oleh Kolat Koarmada I yang bertujuan untuk meningkatkan  kemampuan prajurit dalam melaksanakan tugas-tugas pokok TNI AL khususnya Lantamal IV Tanjung Pinang. Adapun yang menjadi tempat daerah latihan kali ini yakni Pulau Dabo Singkep Provinsi Kepri yang bersamaan dengan rangkaian kegiatan tradisi pengangkatan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., sebagai warga kehormatan Korps Marinir.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjung Pinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han., yang memimpin langsung Apel gelar mengatakan bahwa penyelenggaraan latihan Glagaspur ini bertujuan membina sistem senjata armada terpadu, membina potensi Nasional menjadi kekuatan dan keamanan negara di bidang Maritim, melaksanakan operasi laut sehari-hari dan melaksanakan operasi tempur laut untuk pengendalian laut serta proyeksi kekuatan kedarat lewat laut dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum di laut.

Dalam mendukung tugas pokok tersebut, diperlukan kesiapan dan kesiagaan oprasional yang di topang dengan tingkat profesionalisme yang memadai dalam mendukung operasi menghadapi berbagai tindak kejahatan dan aksi terorisme di laut serta segala kemungkinan kontigensi yang terjadi. Pemahaman akan fungsi asasi satuan dalam pembinaan latihan dihadapkan dengan keterbatasan anggaran pembinaan satuan belum mampu secara memadai dapat dilakukan, hal ini tentunya berdampak pada output tingkat profesionalismeyang masih belum sesuai dengan yang diharapkan.

Lebih jauh lagi Danlantamal IV menyampaikan Glagaspur yang akan dilaksanakan pada hari ini dimaksudkan untuk mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme satuan dilingkungan Lantamal IV, untuk meningkatkan profesionalisme diperlukan peningkatan kemampuan, keterampilan, dan pemahaman dalam berbagai prosedur baik secara oprasional, teknis dan taktis.

Total Views: 547 ,

Related posts