Desa Biih Zona Hijau ” Adalah Gagasan Babinsa Koramil Karang Intan

 

MARTAPURA -PW:  Babinsa Koramil 1006-05/ Karang Intan Desa Biih Koptu Hariyanto menuturkan Desa Biih yang menjadi andalan Kodim 1006 Martapura dalam membentuk ” Desa Zona Hijau ” dampak Covid – 19, tidaklah mudah hanya membalik telapak tangan saja.Minggu (19/7).

Perlu perjuangan dan waktu serta tenaga dan fikiran, hampir setiap saat dirinya berada di didesa yang menjadi tanggung jawabnya untuk dibina. Selain syarat dan ketentuan, warga juga harus taat dan tidak bepergian keluar daerah.

Semenjak sebelum desa biih menjadi lokasi TMMD, Hariyanto sudah lama mencetus desa ini menjadikan ” Desa Zona Hijau” Gagasan ini berasal dari dirinya dan Kepala Desa serta Ketua BPD yang didukung sepenuhnya masyarakat

Saat dijumpai di lokasi TMMD” Hariyanto menuturkan bahwa desa biih memang dibina oleh Koramil Karang Intan sejak lama dan sampai adanya wabah covid – 19,
sebelum saya bertugas disini.

Apalagi Program TMMD Ke – 108 Kodim 1006 Martapura bergulir, cukup berat untuk membuat dan menjadikan desa biih ini harus mampu menjadi zona hijau, wah tantangan berat bagi saya.” Ungkapnya

Beruntung dukungan perangkat desa dan relawan pemuda karang taruna pembentukan secara spontan dan sigap Desa Tangguh Covid – 19 d desa Biih terlaksana.

Sementara Ketua BPD Desa Biih Husni Thamrin membenarkan, bahwa desa biih yang sekarang ini dikatakan sebagai Desa tangguh Covid – 19 menjadi Zona Hijau cetusan Babinsa dan anggota Koramil – 05/ Karang Intan yang mendapat dukungan langsung warga Biih.

Dikarenakan desa kami akan dilangsungkan Program TMMD, mau tidak mau harus steril dari wabah Corona.

Thamrin juga menuturkan, tidak ada selain anggota Koramil Karang Intan yang membantu desa kami menjadi ” Zona Hijau kalau tidak TNI yang Turun Tangan sendiri ”

Sambungnya , untuk menjadikan sebuah kampung tangguh tidaklah mudah karena perlu proses yang disertai gagasan-gagasan.

“Tapi tidak menjadi halangan atau rintangan karena yang kita lakukan demi kemanusiaan. Pembentukan Kampung Tangguh ini perlu adanya lumbung pangan/ RT maupun RW, perlu adanya tempat cuci tangan yang tersedia di depan rumah, membuat Posko Kampung Tangguh, membuat Pos Kamling Siaga, serta tamu wajib lapor,”.

Dengan Ada TMMD Ke -108 Kodim 1006/ Mtp wilayah desa Biih semua dapat berjalan dengan lancar. Mudah – mudahan dari pembukaan hingga purna TMMD semua terhindar dari Virus mematikan ini, dan juga semua prajurit satgas TMMD sehat walafiat pulang bertemu keluarga dengan selamat , Tutup Husni “

Total Views: 946 ,

Related posts