Asah Kemampuan Prajurit, Yonmarhanlan X Laksanakan Olahraga Perairan

Jayapura, PW: Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) X melaksanakan olahraga perairan yang bertempat di Pantai Hamadi Jl. Amphibi Kelurahan Hamadi Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura. Kamis (16/07/2020)

Kemampuan renang merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap prajurit TNI AL khususnya Korps Marinir. Untuk itu setiap prajurit harus mengasah kemampuan guna menunjang tugas yang akan datang. Selain renang laut, Pasiops Yonmarhanlan X (Kapten Mar Fadlillah Arafat Siregar) juga memerintahkan latihan dayung perahu karet bagi seluruh prajurit Yonmarhanlan X.

Pada pelaksanaan latihan ini diawali senam peregangan dan dengan pemanasan dimana para peserta diwajibkan renang dengan jarak tempuh 400 meter, kemudian personel tim dayung melaksanakan mendayung sejauh 1200 meter.

Selesai pelaksanaan renang dan dayung perahu karet, seluruh prajurit Yonmarhanlan X menerima materi tentang cara pemakaian alat selam oleh Serma Mar Muabidin. Dalam materi tersebut, dikenalkan perlengkapan yang diperlukan untuk menyelam. Perlengkapan tersebut yaitu masker, snorkel, fin, BCD, tabung, regulator, weight belt dan lead. Materi yang diajarkan dalam teknik dasar menyelam adalah cara mengecek udara dan valve, memasang jaket BCD ke badan tabung SCUBA, memasang regulator ke tabung, memeriksa tekanan dan fungsi BCD dan regulator, serta pemasangan semua peralatan ke badan diver.

Pasiops Yonmarhanlan X menyampaikan “Pelaksanaan latihan harus mengedepankan zero accident, karena keberhasilan suatu kegiatan latihan tidak hanya dilihat dari hasil kemampuan yang didapat, melainkan juga faktor keamanan selama latihan” ujarnya.

Total Views: 311 ,

Related posts