BRIGIF 2 MARINIR GELAR LOMBA BINSAT BATALYON UNGGUL

(Sidoarjo), PW: Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Marinir Rudi Harto Marpaung secara resmi membuka Lomba Pembinaan Satuan (Binsat) Batalyon Unggul di lapangan apel Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Kamis (09/07/2020).

Pembukaan Lomba Binsat Batalyon Unggul tahun 2020 ditandai dengan pernyataan pembukaan dan pelepasan balon udara oleh Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Marinir Rudi Harto Marpaung.

Dalam amanatnya Komandan Brigif 2 Marinir mengatakan, Batalyon Unggul adalah predikat yang diberikan kepada Batalyon Infanteri terbaik sebagai bentuk evaluasi kinerja Brigif 2 Marinir dalam menghadapi tantangan ke depan dalam rangka membentuk prajurit yang loyalitas, profesional dan militan. Selain itu, lomba Binsat tersebut juga sebagai bentuk pembinaan personel yang diwujudkan dalam suatu uji kemampuan perorangan maupun Satuan, untuk mengukur sejauh mana kemampuan mental dan fisik seorang prajurit.

Lebih lanjut dikatakan bahwa dalam Lomba Binsat Batalyon Unggul Brigif 2 Marinir tersebut dengan mempertandingkan beberapa materi, diantaranya olahraga Militer yang meliputi menembak (Senapan dan Pistol), Renang Militer, Cross Country, Dayung Perahu Karet dan Halang Rintang. Selain itu ada olahraga Umum yang meliputi Bola Voli, Futsal, Renang Rintangan, Bulutangkis, Panahan, Tenis Lapangan, Catur dan 100 Pers Beladiri Karate.

Kemudian ada materi profesi Korps Marinir, diantaranya Pembuatan Maket Operasi, Pemberian Perintah Operasi, Gerakan Menuju Untuk Kontak, Serangan, Drill Penembakan Mortir 81 mm dan Pindah Stelling.

Disamping itu untuk Staf dan Kemarkasan juga dilombakan yang meliputi administrasi Staf Satuan, Ketahanan Pangan, Tanaman Toga, Kebersihan Satuan, Pemberitaan / Informasi dan Penyelesaian Administrasi Pelanggaran Prajurit.

Untuk waktu pelaksanaan lomba dimulai dari tanggal 9 Juli 2020 hingga tanggal 15 Agustus 2020.

“Tujuan Lomba Binsat yaitu sebagai tolok ukur untuk mengetahui sejauh mana hasil pembinaan Satuan di lingkungan Brigif 2 Marinir dalam membina prajuritnya, sehingga para Komandan Batalyon dapat mengevaluasi pembinaan Satuannya sesuai dengan visi misi Brigif 2 Marinir,” jelas Danbrigif 2 Marinir.

Dalam kesempatan tersebut Komandan Brigif 2 Marinir menyampaikan kepada seluruh peserta Lomba Binsat Batalyon Unggul tahun 2020 agar menunjukkan prestasi yang dapat dibanggakan, menjunjung tinggi sportifitas dan semangat juang yang tinggi.

“Utamakan faktor keamanan dan keselamatan baik personel dan material serta bertindak yang adil untuk memilih Satuan yang terbaik,” pesan Kolonel Marinir Rudi Harto Marpaung kepada Penyelenggara Lomba Binsat.

Usai upacara pembukaan, Komandan Brigif 2 Marinir didampingi Wadan Brigif 2 Marinir Letkol Mar Argo Setiyono, para Perwira Staf dan Komandan Satlak melaksanakan tendangan bola pertama pada pertandingan futsal dan melaksanakan memanah pertama dalam lomba panahan.

Total Views: 250 ,

Related posts

Leave a Comment