Mati Total Akibat Banjir, Kini BTS Mogromus Meyom Aktif Kembali

Meyom, PW: Jaringan telekomunikasi di era saat ini sudah merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi setiap orang. Memang pada dasarnya kebutuhan pokok manusia itu adalah sandang (pakai), pangan (makan) dan papan (rumah). Namun jika saat ini masyarakat tidak mendapatkan jaringan telekomunikasi, maka akses informasi maupun komunikasi baik dengan keluarga maupun sahabat juga kenalan yang ada diluar daerah tidak bisa dilakukan.

Hal ini dirasakan oleh warga masyarakat Kampung Meyom dan sekitarnya yang berada di Distrik Masyeta Kabupaten Teluk Bintuni. Dimana sekitar 2 Minggu yang lalu, perangkat modem yang ada di BTS Mogromus Meyom mati akibat terendam banjir. Jaringan yang mati akibat perangkat terendam banjir tersebut disampaikan langsung oleh Nikolas Ogoney yang adalah Kepala Kampung Meyom.

“Jaringan disini sudah sekitar 2 Minggu, jadi kami laporkan ke Kominfo Bintuni. Karena di Kampung Meyom sudah terpencil dan tambah jaringan mati, maka kami tidak bisa mengetahui informasi diluar juga terutama tidak bisa berkomunikasi dengan keluarga yang ada di luar. Syukur Kominfo cepat respon laporan kami dan hari ini (1/7) sudah aktif kembali”, tutur Nikolas Ogoney seraya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Diskominfo Kabupaten Teluk Bintuni.

Ditempat terpisah Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Teluk Bintuni Drs Markus Sraun M.Si melalui Daud FX Pattiwael S.Pd selaku Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (Infrastruktur) membenarkan bahwa masyarakat sudah melaporkan bahwa jaringan di Kampung Meyom Distrik Masyeta mati total akibat banjir. Matinya jaringan di Kampung Meyom membuat masyarakat sulit berkomunikasi. Namun menurutnya, tim dari Diskominfo, Telkomsat dan SHG sudah memperbaiki dan jaringan sudah berfungsi normal.

Daud FX Pattiwael menjelaskan bahwa jaringan telekomunikasi yang dibangun untuk memudahkan masyarakat mendapat informasi baik dari kota maupun sebaliknya, mengurangi area blank spot dan layanan pemerintah lebih dekat lagi pada masyarakat. Dan disini perlu kami tekankan agar masyarakat juga punya peduli dengan tower yang sudah dibangun untuk dijaga, diibersihkan sehingga tidak ada lagi kendala teknis yang menganggu. Masyarakat dapat menggunakan fasilitas ini lebih lama lagi.

*Jacob Sumampouw

Total Views: 1395 ,

Related posts

Leave a Comment