KOLATMAR TERJUNKAN TIM PENILAI PADA LATIHAN PENDARATAN DI PANTAI BANONGAN 

(Situbondo), PW: Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) turut serta sebagai penilai dalam Latihan Satuan Lanjutan (LSL) II TW III TA. 2020 Aspek Laut Pasmar 2 yang dilaksanakan di Pantai Banongan dan daerah Latihan Puslatpurmar 5 Baluran, Situbondo. Senin (29/06/2020)

Latihan Manuver Lapangan (Manlap) di daerah latihan Puslatpurmar 5 Baluran ini adalah kelanjutan dari tahap latihan Gladi Posko yang telah dilaksanakan di Yonif 5 Marinir Ujung Surabaya. Dalam tahap ini dilatihkan bagaimanan Proses Perencanaan Amfibi   (Prosrenfib) diatas peta yang akan dilakukan.

Setelah Pelaksanaan Gladi Posko, dilaksanakan Manuver Latihan di medan yang sebenarnya, personel dan material yang terlibat mulai dari Embarkasi Debarkasi, Gerakan Kapal Ke Pantai (GKK) dan proses Serbuan ke Pantai dilanjutkan Serbuan Setelah Mendarat.

Dalam skenario latihan yang di buat, operasi militer yang akan dulaksanakan  melibatkan 1 BTP Batalyon Tim Pendarat Korps Marinir untuk melaksanakan pendaratan guna merebut dan menguasai pantai yang di kuasai musuh.

Kepala Tim Penilai Latihan dari Kolatmar, Letkol Marinir Budi Atmuko menjelaskan;  “tim penilai adalah bagian dari organisasi penyelenggaraan latihan yang bertugas melaksanakan penilaian terhadap unsur-unsur yang terlibat latihan dengan tujuan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana penguasaan dan kemampuan doktrin operasi militer telah dikuasai oleh satuan dibawah sehingga dapat diaplikasikan sesuai dengan prosedur  yang benar,” tandas perwira yang juga menjabat sebagai Danpuslatpasrat ini.

Related posts

Leave a Comment