Asah Kemampuan Aspek Laut, Yontaifib 3 Marinir Laksanakan Latihan Renang Dan Penyelaman

Sorong, PW: Memasuki hari ke 3 pelaksanaan SKPD/SKPL TW II TA. 2020, Yontaifib 3 Marinir melaksanakan latihan renang ketahanan serta penyelaman open dan close circuit di Dermaga Mako Armada III Sorong, Katapop, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat. Rabu (24/06/2020).

Pukul 05.30 WIT Yontaifib 3 Marinir melaksanakan pergeseran pasukan dari homebase menuju Kesatrian Marinir Katapop dengan menggunakan satu kendaraan truk, satu kendaraan Ford Ranger dan satu unit ambulance dengan membawa material latihan. Materi pertama latihan adalah renang ketahanan dengan menempuh jarak 12 Km, dengan lintasan sepanjang Dermaga Koarmada III.

Sebelum latihan, dilaksanakan pengecekan kondisi para peserta latihan yang dilakukan oleh tim kesehatan BP Pasmar 3 dipimpin oleh Letda Laut (K) dr. Stevanus Chrisputra P. Supit, S.H., untuk memastikan kondisi peserta latihan lalu dilanjutkan dengan melaksanakan renang pemanasan hal ini bertujuan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Start renang dimulai pukul 07.00 WIT dan berakhir pukul 13.00 WIT dengan perenang pertama yang masuk finish adalah Praka Mar Davit Rudiantoro, dan seluruh perenang berhasil sampai di garis finish dalam keadaan aman. Usai melaksanakan pelemasan prajurit Yontaifib 3 Marinir melaksanakan pergeseran ke Kesatrian Marinir Katapop untuk melaksanakan ishoma.
Pukul 13.30 WIT pasukan bergeser kembali ke Dermaga Koarmada III untuk melanjutkan materi berikutnya yaitu selam menggunakan Open Circuit dan Close Circuit. Materi open circuit ini bersifat refreshing, tanpa senjata. Berbagai tekhnik penyelaman dilaksanakan dalam latihan ini diantaranya Ekualisasi, Regulator clearing, Regulator recovery, Masker Clearing bekerja sama dengan buddypair, penggunaan kode berkomunikasi dalam air sedangkan untuk selam tempur menggunakan Close Circuit. Sebelum pelaksanaan selam tempur didahului pengarahan dari pembawa materi yaitu Sertu Mar Eric Sudirgo yang sebelumnya pernah mengikuti kursus menggunakan Close Circuit Shadow Rebreather pada Desember tahun lalu di Jakarta. Setelah selesai pemberian materi, semua peserta latihan melaksanakan kegiatan secara berpasangan.
Sebelum melakukan serpas kembali ke Homebase di Km. 16 Kota Sorong, Komandan Yontaifib 3 Marinir, Mayor Mar Achmad Yulianto, M. Tr. Opsla menyampaikan kepada para prajuritnya bahwa tujuan latihan ini adalah agar kita sebagai pasukan tempur matra laut harus piawai dan ahli dibidang kelautan. “Sebagai pasukan Trimedia kita harus mampu melaksanakan tugas operasi dengan infiltrasi dari darat, laut dan udara”, ujarnya.

Total Views: 372 ,

Related posts

Leave a Comment