DISKUSI PANEL KEAMANAN LAUT PASIS DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-58 TA 2020

Jakarta, PW: Sejumlah 175 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-58 TA 2020 yang terdiri dari 161 Pasis TNI AL, dua Pasis masing-masing dari TNI AD, TNI AU dan Polri serta delapan Pasis Mancanegara yang berasal dari Arab Saudi, Australia, China, India, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam mengikuti Diskusi Panel Keamanan Laut bertempat di Ruang Amphitheater Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (22/6).

Diskusi Panel yang mengangkat tema “Peran Polisionil TNI Angkatan Laut Dihadapkan Dengan Perwujudan Omnibus Law Keamanan Laut”, ini dibuka langsung oleh Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han). Turut hadir Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., dan para pejabat utama serta dosen Seskoal.

Pada diskusi panel ini terdapat tiga panelis yakni Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Kabakamla RI) Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., dengan topik Bakamla dan Tata Kelola Keamanan Laut Indonesia. Panelis kedua adalah Kepala Dinas Pembinaan Hukum Angkatan Laut (Kadiskumal) Laksamana Pertama TNI Kresno Buntoro, S.H., LL.M., Ph.D., dengan topik Peran Polisionil TNI Angkatan Laut Sebagai Penegak Hukum di Laut Berdasarkan Hukum Laut Internasional (UNCLOS 1982) dan Hukum Nasional. Sementara panelis ketiga adalah Guru Besar Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D., dengan mengangkat topik Aspek Hukum Dalam Omnibus Law Keamanan Laut Guna Melindungi Kepentingan Indonesia di Laut. Bertindak sebagai moderator pada diskusi panel tersebut Mayor Laut (P) Herwanto dan Notulis Mayor Laut (KH/W) Sulastri, S.H.

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han) dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagaimana tugas pokok Seskoal melaksanakan pendidikan pengembangan umum tertinggi di lingkungan TNI Angkatan Laut, terutama misinya yang menjadikan prodi Strategi Operasi Laut sebagi prodi unggulan dan terdepan yang berstandar nasional dan Internasional, maka diskusi panel kamla ini merupakan salah satu kegiatan penting dalam kalender pendidikan bagi Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA 2020 dimana tujuan diskusi ini adalah untuk membekali Pasis agar lebih menguasi materi ajaran tentang tugas dan kewenangan TNI Angkatan Laut dalam penegakan hukum, menjaga keamanan dan kedaulatan di laut dalam menghadapi tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Danseskoal memberikan beberapa penekanan antara lain: Pertama laksanakan diskusi panel ini dengan baik sebagai Forum diskusi akademik secara bebas namun tetap meperhatikan kaidah Ilmiah, Kedua Laksanakan Diskusi Panel ini dengan serius dan setiap pendapat yang dikemukakan harus didukung dengan argumentasi dan referensi yang kuat, dan terakhir kembangkan serta sampaikan ide-ide yang positif, kreatif dan inovatif sebagai bahan pertimbangan dalam mengatasi permasalahan dan kendala yang terjadi di lapangan dalam menjalankan peran polisionil TNI AL sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Usai sambutan dan penyampaian materi dari para panelis, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab serta penyerahan cenderamata dari Danseskoal dan Perwakilan Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 kepada para Panelis serta penyerahan cenderamata dari Kabakamla kepada Danseskoal dan Ketua Senat Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA 2020 serta buku untuk perpustakaan Seskoal.

Total Views: 432 ,

Related posts

Leave a Comment