Yonmarhanlan XII Gandeng Puskesmas Laksanakan Rapid Test Dan Sosialisai Kesehatan

Mempawah, PW: Segenap prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan XII) Pontianak bersama Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) gelar rapid test bertempat Posyandu Desa Sungai Bakau Besar Laut dan Sungai Bakau Besar Darat Jl. Ahmat Yani Kec. Sungai Pinyuh Kab. Mempawah – Kalbar, Rabu (17/06/2020).

Kegiatan rapid test kali ini merupakan rangkaian dari program pemerintah daerah dalam rangka percepatan penanganan dan penanggulangan penyebaran Corona virus desease (Covid-19), disamping itu juga dilakukan sosialisasi kesehatan menyongsong penerapan tatanan hidup baru (New Normal), pelaksanaan pendisiplinan perilaku masyarakat terhadap protokol kesehatan, dilaksanakan pula penyemprotan cairan desinfektan oleh prajurit “Jaguar Yudha Khatulistiwa” Yonmarhanlan XII Pontianak.

Tes ini ditujukan agar pemerintah dan petugas kesehatan bisa mengetahui siapa saja orang yang berpotensi menyebarkan virus Corona dan melakukan tindakan pencegahan agar jumlah kasus COVID-19 tidak semakin bertambah. Rapid test di sini hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona atau COVID-19. Sementara tes yang dapat memastikan apakah seseorang positif terinfeksi virus Corona sejauh ini hanyalah pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR).

Ditempat terpisah bersama jajaran Koramil dan Polsek Sui Pinyuh serta perangkat desa Sungai Bakau Besar Darat dan Laut prajurit Yonmarhanlan XII yang dipimpin oleh Sertu Mar Mufrodi melaksanakan penyemprotan disinfektan, sosialisasi kesehatan dan pendisiplinan terhadap perilaku masyarakat seiring tahapan kehidupan baru sudah berjalan. Untuk pendisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan menuju kenormalan baru terutama phisical destancing, rajin cuci tangan dan penggunaan masker menjadi perhatian serius mengingat di tengah pandemi global Covid-19 sektor ekonomi harus tumbuh untuk itu pengetatan terhadap aktivitas dan perilaku masyarakat yang bergerak di berbagai bidang harus jalan agar masyarakat tumbuh sehat aman dan tetep produktif.

Total Views: 405 ,

Related posts

Leave a Comment