Dipekatnya Malam, Yonbekpal 2 Mar Mencari Sumber Air Gunakan Kompas

Surabaya, PW: Dalam rangka mengaplikasikan pelajaran teori yang didapat selama dikelas, Prajurit Tidur Dalam Yonbekpal 2 Mar melaksanakan latihan praktek kompas malam yang dilaksanakan di sekitar Kesatrian Soetedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya. Kamis(18/06/2020).

Sebelum turun ke lapangan, para prajurit tersebut mendapat penjelasan dari pelatih Peltu Marinir Suharyanto tentang pelaksanaan kompas malam yang disimulasikan Peleton Bantuan Pendarat (Ton Banrat) mendapatkan perintah dari Dansatbanmin untuk menyelidiki keberadaan sumber air yang mana akan didirikan Dapur Lapangan pada esok harinya.

Lebih lanjut, Peltu Mar Suharyanto mengingatkan kembali kepada peserta latihan, “Meskipun kalian hafal dengan medan, kalian harus tetap memperhatikan arah bidikan pada kompas. Batas sebelah kanan sabuk merah, sebelah kiri pagar Kesatrian dan batas depan Danau, apabila melewati batas tersebut maka Regu dinyatakan gagal. Tanggung jawab Danru (Komandan Regu) menghitung personelnya kembali dengan jumlah dan material yang utuh, pastikan dalam menghitung personel sentuh badan anggotanya jangan sampai anggotanya berkurang apalagi bertambah.”

Ditempat yang berbeda, Komandan Yonbekpal 2 Marinir Letkol Marinir Ari Eko Daryanto, M.Tr.Hanla mengatakan, kondisi malam yang pekat dengan tetap memperhatikan arah bidikan pada kompas membuat medan sejauh tiga kilometer tersebut semakin berat. Tidak hanya pekatnya malam yang jadi tantangan, hutan, jalan mendaki, jalan menurun, rintangan buatan yang disetting para pelatih dan medan yang licin menjadi tantangan tambahan yang harus dilewati para Prajurit muda ini.

“Utamakan keselamatan kalian, hati-hati dengan binatang buas terutama ular, jangan tergesa-gesa dan ceroboh karena bisa berakibat fatal.” pesan Komandan Yonbekpal 2 Mar.
(yosafat RH)

Total Views: 140 ,

Related posts

Leave a Comment