Asah Kemampuan, Prajurit Yonzeni 2 Mar Berlatih Harwat Material Alber Dukung Penugasan

Surabaya, PW: Penggunaan kendaraan maupun alat berat dalam jangka waktu yang lama tentunya akan membuat kondisi alat tersebut menjadi tidak semaksimal seperti sebelumnya sehingga diperlukan perawatan yang rutin untuk menjaga kondisi kendaraan yang digunakan agar bisa tampil prima. Menyadari pentingnya hal tersebut maka Batalyon Zeni 2 Marinir ( Yonzeni 2 Mar) mengadakan pelatihan pemeliharaan dan perawatan ( Harwat ) kendaraan bagi anggota Bintara dan Tamtama remaja di garasi alat berat Yonzeni 2 Mar, Kesatrian Sutedi Senaputra Karangpilang, Surabaya. Senin (15/06/2020).

Pelatihan Harwat kendaraan dan alat berat ini meliputi perawatan harian dan perawatan berkala. Perawatan harian merupakan perawatan yang dilakukan setiap hari sebelum alat digunakan. Perawatan ini bertujuan untuk mengetahui apakah keadaan kendaraan tersebut siap untuk dioperasikan atau tidak. Pemeriksaan tersebut meliputi pengecekan oli, air radiator, bahan bakar, pemeriksaan baterai dan lain lain. Sedangkan perawatan berkala yaitu perawatan yang dilakukan setiap kali alat atau kendaraan digunakan dalam jumlah jam operasi tertentu diantaranya penggantian oli mesin, pemeriksaan system hidrolik, rem dan lain-lain.

Dalam kegiatan tersebut, Danyon Zeni 2 Marinir Letkol Marinir I Nyoman Polih IP, M.Tr.Opsla menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya pelatihan ini adalah untuk membekali para prajurit muda Yonzeni 2 Mar dalam melaksanakan Harwat kendaraan agar pada saat mengawaki suatu material bisa merawat dan menjaga performa kendaraannya sehingga dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama.

“Perawatan juga memberikan usia kedua pada kendaraan, yaitu dengan melakukan penggantian atau pemakaian komponen yang sesuai dengan petunjuk pemakaian komponen menurut standar pabrik.” Pungkas perwira alumni AAL angkatan 48 ini.
(yosafat RH)

Total Views: 248 ,

Related posts

Leave a Comment