Danlantamal VIII Pantau Perbatasan Miangas dan Marore

Manado 9 Juni 2020, PW: Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas memantau secara langsung dua Pulau Terdepan yang berbatasan langsung dengan Philipina yakni Pulau Miangas dan Marore. Kegiatan tersebut terangkai dalam kegiatan bakti sosial TNI-Polri dan Forkopimda Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terhadap masyarakat pesisir terdampak Covid-19 yang berada di Kabupaten Siau Tagulandang dan Biaro, Kabupaten Talaud dan Kabupaten Sangihe. Minggu (7/6).

Saat menginjakan kaki di kedua pulau tersebut Danlantamal VIII bersama Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa yang merupakan dua jenderal asli Sulut sujud syukur sebagai tanda penyertaan Yang Maha Kuasa sekaligus rasa kebersamaan dengan seluruh masyarakat dan prajurit penjaga perbatasan antara Indonesia dan Philipina.

Danlantamal VIII sesaat sebelum memberikan sambutan mengajak seluruh masyarakat menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya untuk menggugah rasa nasionalisme masyarakat sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Danlantamal VIII antara lain menyampaikan bahwa Pulau Miangas dan Marore merupakan pulau terdepan Indonesia yang berbatasan langsung dengan Philipina oleh karena itu kehadiran perwakilan Pimpinan TNI dan Polri Daerah dalam melaksanakan kegiatan ini sebagai bentuk perhatian serta bukti nyata TNI-Polri hadir untuk menjaga serta mengamankan masyarakat Miangas dan Marore.

Danlantamal VIII juga menegaskan kepada masyarakat Miangas dan Marore supaya jangan terpengaruh dengan isu-isu yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan takut TNI-Polri akan selalu melindungi serta menjaga masyarakat ini dibuktikan dengan kehadiran kami disini, ujar Danlantamal VIII.

Pada bagian akhir Danlantamal VIII menyampaikan pesan Gubernur Provinsi Sulut Olly Dondokambey, S.E., kepada masyarakat Miangas dan Marore untuk tetap melakukan protokol kesehatan Covid-19 dalam melakukan kegiatan dengan selalu menggunakan masker, jaga jarak dan hindari kerumunan serta selalu mencuci tangan untuk menekan angka penularan.

Pelaksanaan baksos bagi-bagi sembako yang dilakukan Danlantamal VIII bersama Kapolda Sulut sebagai perwakilan TNI-Polri dan Forkopimda Provinsi Sulut disambut antusias masyarakat Miangas dan Marore. Hal tersebut terjadi karena bantuan sembako yang dibagikan sangat membatu keadaan masyarakat pada masa pendemi Covid-19 terutama masyatakat yang berada di perbatasan.

Total Views: 309 ,

Related posts

Leave a Comment