PRAJURIT KIMA YONIF 5 MARINIR MANFAATKAN KARUNG BEKAS UNTUK BUDIDAYA TANAMAN PANGAN LOKAL

(Surabaya) PW : Prajurit Kompi Markas (Kima) Yonif 5 Marinir terus mengembangkan kreativitasnya dengan memanfaatkan karung bekas untuk berinovasi guna memberdayakan berbagai tanaman pangan lokal pada lahan terbatas di lingkungan Kesatrian Marinir Suroto II Ujung, Semampir, Surabaya. Rabu (03/06/2020).

Kegiatan menanam berbagai macam tanaman antara lain ubi jalar, tomat, cabai dan terong tersebut dipimpin oleh Lettu Marinir Arif Darmawan dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran covid-19 dengan melaksanakan Physical Distancing dan menggunakan masker.

Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir Letkol Marinir Supriyadi, M.Tr.Hanla menyampaikan bahwa karung bekas terkadang dianggap sebagai limbah yang tidak menguntungkan, sehingga dibuang atau dibakar begitu saja, padahal masih bisa dimanfaatkan sebagai polybag untuk menanam berbagai macam tanaman. Untuk itu dengan memanfaatkan keterbatasan lahan yang ada di Satuan, sebagai ganti lahan untuk menanam tanaman yaitu dengan menggunakan media karung bekas, sebab karung bekas tersebut mampu menghasilkan dua hingga tiga jenis tanaman.

Danyonif 5 Marinir berharap agar seluruh prajurit Yonif 5 Marinir selalu berkreasi dan berinovasi dalam berbagai hal yang positif, salah satunya dengan mengembangkan tanaman di lingkungan masyarakat maupun tempat tinggalnya sehingga dapat menghasilkan manfaat yang baik dan menumbuhkan kepedulian prajurit terhadap lingkungan terkait ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19.

Total Views: 193 ,

Related posts

Leave a Comment