Prajurit Yonmarhanlan XII Peringati Hari Lahir Pancasila

Mempawah, PW: Segenap Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan XII) Pontianak melaksanakan peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 bertempat di Mako Yonmarhanlan XII Jl. A. Rani Desa Kuala Secapah Kec. Mempawah Hilir Kab. Mempawah – Kalbar. Senin (01/06/2020).

Penyelenggaraan peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini sangat berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, sebagaimana instruksi Pimpinan dan Pemerintah bahwasannya pelaksanaan peringatan hari lahir Pancasila tahun 2020 tetep diselenggarakan meski di tengah pandemi ancaman Corona virus Deseas (Covid – 19) dengan cara yang cukup sederhana namun tidak mengabaikan terhadap protokol kesehatan sebagaimana yang dilakukan oleh “Prajurit Jaguar Yudha Khatulistiwa” Yonmarhanlan XII, memperhatikan physical distancing, mengenakan masker namun sebelumnya tetep dilakukan prosedur rutinitas upaya pencegahan penyebaran penyakit menular Covid – 19 dengan pengecekan suhu tubuh bagi prajurit dilanjutkan cuci tangan pakai sabun penggunaan hand sanitizer serta penyemprotan cairan desinfektan di setiap sudut ruangan.

Kesederhanaan pelaksanaan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2020 nampak jelas dengan ditiadakan upacara resmi yang biasanya melibatkan banyak pasukan juga larangan diadakannya beragam kegiatan untuk memeriahkan peringatan tersebut bahkan penyampaian amanat yang dibacakan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo juga dengan cara virtual yaitu mengikuti jalannya peringatan Hari Lahir Pancasila lewat media elektronik yang disudah difasilitasi oleh Pemerintah.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Prajurit Yonmarhanlan XII dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2020 yaitu melaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih selanjutnya mengikuti jalannya Pidato Kenegaraan Presiden RI melalui siaran langsung yang ditayangkan oleh TVRI untuk yang Tidur Dalam (TD) diruang lobby Batalyon sementara untuk Tidur Luar (TL) atau yang sudah berkeluarga juga mengibarkan bendera Merah Putih dan mengikuti Pidato Kenegaraan Presiden RI dengan sarana yang sudah disediakan yaitu di kanal youtube BPIP, halaman Facebook BPIP, Instagram BPIP serta TVRI di tempat tinggal masing – masing.

Total Views: 194 ,

Related posts

Leave a Comment