Pangkogabwilhan II Tinjau RS Darurat Covid-19 di Surabaya

Surabaya, PW: Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan II), Marsda TNI Imran Baidirus, S.E., melaksanakan kunjungan kerja sekaligus meninjau secara langsung Rumah Sakit (RS) Lapangan atau RS Darurat Covid-19 yang berada di halaman Puslitbang Humaniora, Jalan Indrapura 17, Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (28/5/2020).

Dengan menggunakan pesawat CN 235 TNI AU Pangkogabwilhan II beserta rombongan tiba di Base Ops Lanudal Juanda Surabaya di sambut langsung oleh Danrem 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo, Kaskogartap III Surabaya Brigjen TNI (Mar) Purwadi M.Tr. (Han), Danlanudal Juanda, Danlanud Mulyono serta Dandim 0816/Sidoarjo.

Setelah beberapa saat di ruang transit VIP Lanudal Juanda, selanjutnya rombongan bergerak menuju Kodam V/Brawijaya. Setibanya di Makodam Pangkogabwilhan II diterima langsung oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah, S.Sos., M.M., Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Muhammad Fadil Imran serta pejabat lainnya selanjutnya menuju ke ruang Hayam Wuruk untuk menerima paparan dari Pangdam V/Brawijaya tentang perkembangan penanganan Covid-19 di wilayah Jawa Timur khususnya Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut Marsda TNI Imran Baidirus, S.E., memperkenalkan diri sebagai Pangkogabwilhan II yang baru, kemudian menyampaikan kebijakan Panglima TNI agar TNI terlibat dalam penanganan wabah Covid-19 di Jawa Timur dalam hal Pengamanan, penyiapan rumah sakit lapangan serta membantu penyiapan tenaga medis.

Selanjutnya Pangkogabwilhan II beserta rombongan menuju ke Gedung Negara Grahadi, Surabaya, untuk menemui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam rangka berkoordinasi dengan Pemda terkait perihal bantuan yang akan diberikan oleh TNI dalam hal ini. “Saya ditunjuk khusus oleh Panglima TNI untuk mengkoordinasikan bagaimana membantu Pemerintah Daerah, supaya kita lebih fokus untuk menangani pandemi Covid-19 yang sekarang episentrumnya ada di Surabaya,” ujarnya.

“TNI juga siap menurunkan prajurit dalam hal pengamanan, nanti bagaimana, seperti apa, kita akan siap mendukung. Seperti itu,” jelasnya.

Dalam kunjungannya, Pangkogabwilhan II meninjau langsung Rumah Sakit (RS) Lapangan atau RS Darurat Covid-19 yang berada di halaman Puslitbang Humaniora, Jalan Indrapura 17,Surabaya.

Untuk diketahui kapasitas RS Darurat atau Lapangan Covid-19 tersebut bisa merawat pasien mencapai 200 orang, dan bisa dimaksimalkan hingga 500 orang. RS Lapangan ini diperuntukkan bagi pasien Covid-19 kategori ringan hingga sedang.

Total Views: 768 ,

Related posts

Leave a Comment