ASAH KESIAPSIAGAAN, PELETON KESEHATAN YONIF 5 MARINIR LATIHKAN P3K DAN EVAKUASI KORBAN

Dispen Kormar (Surabaya). Guna meningkatkan profesionalisme prajurit pengawak kesehatan, Peleton Kesehatan Yonif 5 Marinir melaksanakan latihan Pertolongan Pertama Pada Korban (P3K) dan evakuasi korban di lingkungan Kesatrian Marinir Suroto II (Yonif 5 Marinir) Ujung, Semampir, Surabaya. Jumat (29/05/2020).

Kegiatan latihan yang dipimpin oleh Bintara Peleton (Baton) Kesehatan Serka Marinir Dwi Martanta tersebut melatihkan beberapa materi meliputi pengetahuan dasar kesehatan, pengenalan dasar P3K, teknik resusitasi, pengetahuan penguasaan peralatan kesehatan / tensimeter dan penanggulangan korban gawat darurat serta evakuasi medis korban dengan dan tanpa alat.

Serka Marinir Dwi Martanta menyampaikan bahwa latihan tersebut difokuskan pada penanganan pertolongan pertama di lapangan, dan prosedur evakuasi korban secara cepat dan tepat. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai dalam latihan tersebut antara lain meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dasar para personel kesehatan maupun non kesehatan secara perorangan sebagai penunjang tugas pokok dan meningkatkan kesiapsiagaan prajurit Yonif 5 Marinir dalam menghadapi setiap tantangan tugas ke depan khususnya dibidang kesehatan dan P3K.

“Latihan ini juga bertujuan untuk memelihara dan  meningkatkan  keterampilan yang dimiliki oleh prajurit kesehatan yang tugas pokoknya  menyelenggarakan dukungan kesehatan di bidang penugasan teritorial, tugas tempur maupun dukungan kesehatan pada saat bencana dan sebagainya,” jelasnya,

Selama kegiatan latihan, seluruh prajurit tetap mengutamakan protokol pencegahan penyebaran covid-19 dengan melaksanakan physical distancing dan menggunakan masker.

Total Views: 897 ,

Related posts

Leave a Comment