3 Pasien Positif Covid-19 Sembuh, Para Tenaga Medis Dan Warga Babo Sambut Hangat Melalui Pengalungan Bunga

Babo, PW: Masyarakat masih banyak mengganggap bahwa orang yang terpapar Covid-19 merupakan aib, sehingga seringkali dikucilkan. Pemahaman sebagian orang tersebut, berbeda dengan pemahaman masyarakat yang berada di Distrik Babo Kabupaten Teluk Bintuni.

Walaupun Babo adalah daerah yang jauh dari perkotaan atau dapat dikatakan terpencil, karena harus ditempuh sekitar 3 jam kapal laut dari Bintuni. Namun walaupun berada di daerah yang terbatas dari segi informasi dan lainnya, tapi luas dalam informasi mengenai Covid-19.

Dimana hari ini (20/5) para tenaga medis yang dipimpin langsung Ibu Sarce Maidepa sebagai Kepala Puskesmas Babo bersama Kapolsek Babo serta masyarakat Babo, menyambut kepulangan 3 orang pasien positif Covid-19 yang sudah sembuh. 3 pasien tersebut yaitu La Rahman, Renaldi dan Irnawati ini dinyatakan sembuh dalam penanganan tim medis di RSUD Teluk Bintuni.

Sarce Maidepa menyampaikan bahwa 3 pasien positif yang sembuh tersebut merupakan Klaster Gowa dan ada hubungan keluarga. ” Mereka karantina awal 14 hari, kemudian di tes Rapid Test hasilnya positif. 14 hari kemudian di tes SWAB, hasilnya juga positif. Akhirnya di evakuasi ke RSUD Teluk Bintuni. Selama kurang lebih 14 hari dalam penanganan di RSUD Teluk Bintuni, pasien sudah di tes 2 kali dan hasilnya negatif. Sehingga dinyatakan sembuh dan bisa dipulangkan”, jelas Sarce Maidepa.

Sarce Maidepa menambahkan bahwa pasien sembuh tersebut merupakan Klaster Gowa. “Untuk di Babo, pasien positif Covid-19 ada 9 orang. Namun 3 sudah sembuh, jadi masih ada 6 orang. 4 orang sedang dirawat di RSUD Teluk Bintuni dan 2 orang hari ini akan di evakuasi ke RSUD Teluk Bintuni”, terang Sarce.

Penyambutan tersebut sangat mengharukan, karena pasien positif Covid-19 yang sembuh tersebut terus berlinang air mata kebahagiaan. Karena kepulangan mereka disambut hangat oleh masyarakat. 3 pasien positif Covid-19 yang sembuh tersebut diterima dengan tradisi pengalungan bunga serta pemberian bingkisan dan beberapa ucapan selamat melalui tulisan.

Ucapan selamat disampaikan oleh Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni melalui spanduk serta ucapan dari tenaga medis dan masyarakat Babo. Ucapan tersebut diantaranya “Corona segera berlalu. Hore, kami berhasil mengalahkan Covid-19. Selamat, atas kesembuhan saudaraku dan Kesembuhanmu adalah kebanggaan kami”.

*Jacob Sumampouw

Total Views: 10913 ,

Related posts

Leave a Comment