Hanya 1 Hari ! Positif Covid-19 di Kota Sorong Dari 28 Naik Jadi 30 Orang

Kota Sorong, PW: Beberapa hari terakhir ini, kasus penyebaran Covid-19 di Kota bukannya menunjukkan grafik yang menurun, akan tetapi terus mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan tersebut terkonfirmasi hari ini (17/5) melalui rilis yang disampaikan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sorong.

Bertempat di Posko Gugus Tugas Covid-19 Kota Sorong, Ir Rudy Rudolf Laku selaku Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sorong kembali menyampaikan informasi terbaru peta penyebaran Covid-19 di Kota Sorong. Dimana kasus positif Covid-19 di Kota Sorong kembali bertambah.

Padahal sebelumnya (16/5) kemarin, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sorong telah mengumumkan hasil dari 70 sampel yang dikirimkan ke Balitbangkes Makassar. 63 sampel sudah ada hasilnya dengan rincian 12 sampel menunjukkan reaktif (positif) dan 51 sampel non reaktif (negatif). Sedangkan 7 sampel masih dalam proses pemeriksaan laboratorium.

Data Covid-19 Kota Sorong (170520)

Tapi hari ini dari 7 sampel tersisa, 6 sampel sudah diketahui hasilnya. Dimana 2 sampel menunjukkan reaktif (positif) dan 4 sampel non reaktif (negatif). Sedangkan 1 sampel lainnya masih dalam proses pemeriksaan di Balitbangkes Makassar. Jadi hanya dalam waktu 1 hari, positif Covid-19 di Kota Sorong dari 28 orang naik menjadi 30 orang.

Rudy Laku mengatakan bahwa 2 sampel tambahan yang positif tersebut milik R (39) perempuan tinggal di Jalan Perikanan dan MA (43) laki-laki tinggal di Jalan Perikanan. Sehingga total warga Kota Sorong yang positif Covid-19 per hari ini tanggal 17 Mei 2020 sebanyak 30 orang. “Jadi dari 70 sampel yang dikirimkan, 69 sampel hasil pemeriksaan sudah ada dan 1 sampel masih ditunggu”, ujar Rudy.

Dengan adanya penambahan tersebut, Rudy Laku kemudian mengumumkan data terbaru Covid-19 di Kota Sorong adalah sebagai berikut Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 88 orang. Orang Dalam Pemantauan (ODP) 174 orang, selesai pemantauan 134 orang dan masih dalam proses pemantauan sebanyak 40 orang. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 36 orang, yang selesai pengawasan sebanyak 31 orang dan masih dalam proses pengawasan 5 orang.

“Meninggal dunia tetap 8 orang, hasil pemeriksaan negatif 116 sampel dan hasil pemeriksaan positif 30 sampel. Tim surfelence juga telah melakukan pemeriksaan rapid tes, untuk memetakan penyebaran COVID-19 di Kota Sorong sebanyak 707 orang. Dari hasil pemeriksaan rapid tes, yang reaktif 18 orang dan negatif 689 orang”, terang Rudy.

Baca Juga:  Wow ! Positif Covid-19 di Kota Sorong Sudah 28 Orang

 

Dalam keterangannya, Rudy mengungkapkan jika saat ini total orang yang diisolasi di Gedung Diklat Kampung Salak, sebanyak 31 orang. Namun 3 orang sudah dikeluarkan dari tempat isolasi, karena tidak menunjukkan gejala lagi. Maka total orang yang masih diisolasi sebanyak 28 orang. “3 orang yang sudah dipulangkan karena tidak menunjukkan gejala lagi adalah 2 PDP berinisial SM dan CY. Sedangkan satunya OTG inisial LH”,

Dengan terus meningkatnya kasus penyebaran Covid-19 di Kota Sorong, kembali Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sorong ini meminta warga masyarakat Kota Sorong untuk mematuhi instruksi ataupun anjuran pemerintah. “Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, mari jaga kebersihan/kesehatan, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan orang lain, pakai masker jika diluar rumah dan bila tidak punya keperluan penting dihimbau agar dirumah saja”, tutur Rudy.

*Jacob Sumampouw

Total Views: 1769 ,

Related posts

Leave a Comment