Pusdikkes Juara Lomba Kreatifitas Katahanan Pangan

Surabaya, PW: Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) berhasil menjadi juara dalam Lomba Kreatifitas antar Pusdik jajaran Kodiklatal yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan TNI AL (Hardikal) ke-74 tahun 2020.

Hadiah diserahkan secara langsung oleh Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat kepada Danpusdikkes Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp.Ort. di Gedung Mulyadi, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya (12/05).

Berada pada urutan kedua adalah Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) dan urutan ketiga adalah Pusat Latihan dan Pendidikan TNI AL (Puslatdiksarmil) yang berlokasi di Juanda, Sidoarjo.

Dalam lomba tersebut, masing-masing peserta diuji kreatifitasnya dalam menghadapi Virus Corona yang saat ini sedang mewabah di Indonesia. Mereka dituntut untuk lebih kreatif, dalam mengelola lingkungan Pusdik yang selama ini kurang dioptimalkan. Lahan kosong harus dikelola menjadi lahan yang produktif guna mensukseskan ketahanan pangan nasional.

Pusdik-pusdik mengerahkan seluruh antap dan siswanya untuk melaksanakan pengelolaan  lahan kosong di sekitar ksatrian untuk menanam tanaman pangan dan sayur mayur. Bukan sekedar menanam, tetapi mereka juga dituntut untuk menata tanaman tersebut dengan baik agar terlihat indah.

Selain menanam tanaman produktif, untuk mensukseskan program pemerintah tersebut peserta juga merevitalisasi kolam-kolam ikan, dengan cara mengadakan pembersihan di sekitar area kolam, pengangkatan endapan lumpur,  memperlancar saluran air dan filter air serta memperindah lingkungan sekitar kolam dengan pengecatan atau atau mengganti tanaman yang kurang bermanfaat. Kemudian ribuan benih ikan lele, ikan nila, ikan mujair dan ikan patin dimasukkan

Seperti apa yang dilakukan oleh Pusdikkes mereka memanfaatkan lahan kosong dengan menanam singkong, membuat kolam dan menanam sayuran dalam hidroponik. Peserta lainnya, yaitu Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) Kodikdukum, mereka membuat kolam ikan dengan menggunakan plastic sebagai bahan dasarnya dan bersifat portable. Ada ribuan ikan lele dan  ikan nila yang ditanam.  Sedangkan lahan kosong yang terletak disepanjang tepi sungai sisi timur Pusdiktek ditanami umbi-umbian.

Sebagai tim penilai dalam lomba kreatifitas antar Pusdik jajaran Kodiklatal, adalah Wadan Kodiklatal Brigjen TNI Mar Amir Faisol, S.Sos., M.M. beserta para Direktur di lingkungan Kodiklatal.

Dengan kegiatan tersebut, diharapkan dapat melatih kreatifitas peserta dalam memanfaatkan lahan kosong di sekitar Pusdik masing-masing dan lebih jauh lagi dapat mendukung program ketahanan pangan nasional. Selain itu, dengan kegiatan ini diharapkan seluruh personel dan siswa Kodiklatal tergerak hatinya untuk memanfaatkan lahan di sekitar tempat tinggalnya untuk mulai menanam berbagai jenis tanaman  seperti jagung, singkong, ubi jalar, sawi, kangkung dan sebagainya.

Total Views: 353 ,

Related posts

Leave a Comment