DANLANTAMAL XII MENGIKUTI VIDEO CONFERENCE ANTARA GUBERNUR KALIMANTAN BARAT DENGAN SEKJEN KEMENTRIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN RI

Pontianak, PW: Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut XII (Danlantamal XII), Laksamana Pertama (Laksma) TNI Agus Hariadi bertempat di Ruang Operasi Mako Lantamal XII Wajok, mengikuti Video Conference  antara Gubernur Kalimantan Barat dengan  Sekjen Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI tentang Antisipasi  Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2020, Selasa (12/05/2020).

Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum, menyampaikan bahwa Jarang sekali terjadi kebakaran lahan kecuali di daerah bukit didaerah Kec. Mempawah karena punya kanal-kanal yang cukup lebar antara 10 sampai 15 meter kedalamanya. Kanal-kanal tersebut sangat  efektif untuk daerah-daerah tertentu.

 Yang dibuat Badan Restorasi Gambut dengan membuat sumur-sumur pompa, dan dikuatirkan apakah air tanah itu mengganggu terhadap  kesuburan lahan yang ada dipermukaan? Itu yang belum ada penelitiannya, dan itu perlu karena tingkat zat besi sangat tinggi di wilayah Kalimantan Barat. “Pungkas Sutarmidji.

Sementara itu tanggapan  Sekjen Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Bambang Hendroyono , mengatakan dalam 5 tahun terakhir di tahun 2020 karhutla ada dihutan produksi atau hutan lindung,  yang terindikasi melalui peta kebakaran hutan banyak terjadi dihutan produksi ada juga yang berada di fungsi lindung dan fungsi budaya.

 yang kami vloting daerah yang rawan kebakaran adalah kab.Ketapang, Kab. Kayong Utara, Kab. Sintang, Kab. Sanggau dan Kab. Kubu raya yang setiap tahun terbakar, Juga Kota pontianak yang berdekatan dengan Kab. Mempawah dan yang paling atas Kab. Sambas. Inilah analisis kami setiap tahun terjadi pengulangan kebakaran Hutan “pungkas Bambang.

Kegiatan vicon tersebut dihadiri, Unsur Forkopimda Kalimantan Barat dan semua Stackholder terkait mulai dari tingkat Provinsi dan Kab/Kota di Wilayah Kalimantan Barat,Wadan Lantamal XII, Kolonel Mar Bambang Hadi Suseno, S.E., Asintel Danlantamal XII, Kolonel Laut (P) Rikrik P Sobana, S.E., Asops Danlantamal XII, Kolonel Laut (P) Rizaldi, S.E., dan Aspotmar Danlantamal XII, Kolonel Marinir Agustiawarman, S.H, serta Danyonmarhanlan Lantamal XII, Letkol Marinir Sofian Cahyo Utomo, M.Tr.Opsla.

Total Views: 315 ,

Related posts

Leave a Comment