Dukung Program Ketahanan Pangan Puslatpasrat Melaksanakan Budikdamber  Menghadapi Pandemi Covid -19

Surabaya, PW: Pusat Latihan Pasukan Pendarat (Puslatpasrat) Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) melaksanakan Budikdamber (Budidaya Ikan Dalam Ember) dalam rangka melaksanakan program ketahanan pangan menghadapi pandemi Covid-19 di Mako Puslatpasrat Kesatrian Ewa Pangalila Gunungsari Surabaya. Senin (11/05/2020)

Komandan Puslatpasrat Letkol Marinir Budi Atmuko didampingi Pasi Ops (Perwira Staf Operasi) Mayor Marinir Yudha Timur Syahputra dan Danton Ma (Komandan Peleton Markas) Letda Marinir Denny memimpin prajuritnya budidaya ikan lele dan tanaman kangkung dalam ember. Cara yang dilakukan oleh Danpuslat Pasrat beserta anggotanya tersebut lebih dikenal Budikdamber.

Sebelumnya kegiatan pembuatan Budikdamber  Letda Marinir Denny menjelaskan; “Bahan yang disiapkan antara lain; 8 bak ember kapasitas 50 liter, 550 ekor benih lele , kawat 5 meter, 160 gelas plastik aqua, batu arang 5 kg dan benih kangkung. Langkah pembuatan; lubangi gelas plastik bagian bawahnya, potong dan bentuk kawat dikaitkan ke ember. Isi ember dengan air hingga garis ember, diamkan selama 2-3 hari agar air memiliki suhu stabil. Memasukan bibit lele yang sudah disiapkan tadi, untuk satu ember bisa diisi hingga 60-100 bibit lele. Selanjutnya isi gelas plastik dengan arang dan masukkan bibit kangkung sebagai tanamannya dengan cara dikaitkan.”

Ditengah prajuritnya yang sedang bergiat, Komandan Puslatpasrat memberikan pengarahan ; “bahwa maksud dan tujuan Budikdamber ini sebagai kegiatan positif saat menjalankan ibadah puasa dan mendukung program ketahanan pangan dalam situasi pandemik Covid- 19 yang melanda hampir di seluruh dunia. Apabila situasi pandemi Covid-19 ini berkepanjangan, budikdamber dapat dijadikan solusi ketahanan pangan bagi prajuritnya.” tegas orang nomor satu di Puslatpasrat tersebut.

Total Views: 144 ,

Related posts

Leave a Comment