RSAL dr. Midiyato Suratani Adakan Rapid Swab Antigen Dalam Rangka Deteksi Dini Pencegahan Penularan Covid 19 di Lingkungan TNI AL

Kepri, PW: Bertempat di depan Kantor Kesekretariatan Rumkital dr. Midiyato Suratani, ratusan personil rumah sakit terkait melaksanakan kegiatan Test Rapid Swab Antigen massal dalam rangka deteksi dini terhadap pencegahan penularan Covid 19 di lingkungan TNI Angkatan Laut. (Senin, 14 Juni 2021).

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri dan diikuti oleh Karumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Tanto Budiharto, Sp.JP.,M.A.R.S, Wakabin, Wakamed, Dansatma, Para Kadep, Para Kasatker, seluruh personil baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS serta PPNPN di lingkungan RSAL terkait tanpa terkecuali.

Selain sebagai langkah antisipasi dalam memutus penularan Covid-19, test Rapid Swab Antigen massal tersebut sesuai instruksi dari perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) dalam upaya deteksi dini terhadap penularan Covid-19 di Lingkungan TNI AL yang dilakukan secara serentak pada hari Senin tanggal 14 Juni 2021 di seluruh Satker TNI AL yang ada di Indonesia.

Sejauh ini belum dapat dilaporkan dari hasil pelaksanaan tersebut, mengingat masih berlangsung. Namun jika nantinya ditemukan ada personil yang dinyatakan reaktif / hasil positif akan dilaksanakan pemeriksaan RT PCR, sedangkan yang non reaktif dapat tetap menjalankan rutinitas pekerjaannya dengan tetap mematuhi dan menjaga protokol kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Kolonel Laut (K) dr. Tanto Budiharto, Sp.JP.,M.A.R.S selaku Karumkital dr. Midiyato Suratani menyatakan, kegiatan Rapid Swab Antigen tersebut sudah menjadi keharusan, mengingat saat ini telah terjadi peningkatan kesiapsiagaan dan kewaspadaan adanya tiga varian baru virus corona yang masuk ke Indonesia dan penularannya cukup relatif tinggi, sehingga dilakukan upaya tersebut agar dapat mendeteksi dan mencegah secara dini. Lebih lanjut, RSAL dr. Midiyato Suratani dalam hal ini sebagai salah satu fasilitas kesehatan yang dimiliki oleh TNI AL mendukung program tersebut, mengingat pelaksanaan rapid swab antigen tersebut merupakan tindak lanjut dari perintah pimpinan (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M, yaitu dalam mendukung upaya deteksi dini dan cegah dini dalam percepatan penanganan wabah Covid-19 di Lingkungan TNI AL.

Menghimbau kepada masyarakat selama pandemi belum berakhir, wajib bagi kita untuk meningkatkan kesadaran dalam membentengi diri, tetap waspada dan tidak lengah, agar senantiasa dan disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan. (MJA/Onasis/Humas Pen RSAL dr. MDTS)

Related posts