Tingkatkan Akuntabilitas, Polres Pulang Pisau Terima Asistensi Fungsi Keuangan dari Bidkeu Polda Kalteng

 

Pulang Pisau – Dalam rangka meningkatkan akuntabilitas dan profesionalisme pengelolaan keuangan negara, Polres Pulang Pisau menerima kunjungan Tim Asistensi Fungsi Keuangan dari Biro Keuangan (Bidkeu) Polda Kalimantan Tengah, pada Kamis (15/05/2025). Kegiatan ini merupakan bagian dari program asistensi keuangan yang dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2025.

Tim asistensi dari Bidkeu Polda Kalteng dipimpin oleh AKBP Ok Azhar, S.E., M.A.P. (Kasubbid Dalverif), didampingi oleh Aiptu Suprapto, Brigpol Dewi Ruminingsih, S.H., dan Briptu Ady Purwanto, S.E. Tim memberikan asistensi teknis kepada personel keuangan seperti Kasi Keu, Benma, dan Bendahara Pengeluaran Pembantu.

Kegiatan asistensi ini bertujuan untuk membina serta meningkatkan pemahaman para personel pengemban fungsi keuangan di lingkungan Polres Pulang Pisau agar mampu mengelola anggaran secara profesional, transparan, dan akuntabel sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Adapun materi asistensi mencakup berbagai aspek penting dalam pengelolaan anggaran, di antaranya:

• Mekanisme pelaksanaan dan pencatatan anggaran;
• Pertanggungjawaban keuangan;
• Pengelolaan tunjangan kinerja;
• Belanja barang dan modal di atas Rp500 juta;
• Penanganan anggaran Lidik dan Sidik;
• Evaluasi Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA);
• Pengelolaan dana hibah, BLU, dan PNBP;
• Penguatan pelaksanaan Pengendalian Intern Pemerintah (PIPK).

Kapolres Pulang Pisau AKBP Iqbal Sengaji, S.I.K., M.Si., yang diwakili Kabag SDM AKP Junedinoto menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Tim Bidkeu Polda Kalteng atas pelaksanaan asistensi ini. “Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam memberikan pemahaman teknis kepada para pengemban fungsi keuangan, sehingga mampu mencegah terjadinya kesalahan dalam pengelolaan anggaran,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan personel keuangan di lingkungan Polres Pulang Pisau semakin kompeten dan mampu menjaga integritas serta akuntabilitas dalam setiap pelaksanaan tugasnya.

Asistensi ini menjadi bagian dari komitmen Polda Kalimantan Tengah dalam mewujudkan tata kelola keuangan Polri yang baik, transparan, dan bebas dari temuan audit. (Humasrespulpis)

Related posts