Prajurit Yonmarhanlan III Latih Kemampuan Motoris

Jakarta, PW: TNI AL, Pasmar 1. Dalam rangka meningkatkan kemampuan perorangan dasar, prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan III (Yonmarhanlan) III Jakarta melatih prajuritnya pada teknik dan taktik motoris perahu karet yang bertempat di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (08/05/2024).

Yonmarhanlan III adalah prajurit Korps Marinir yang sejatinya adalah Pasukan Pendarat (Pasrat) amfibi dan harus mampu melaksanakan pendaratan dengan menggunakan berbagai alat angkut, salah satunya perahu karet, demi keselamatan dan keberhasilan dalam mendaratkan pasukan dibutuhkan kemampuan seorang motoris dalam bermanuver untuk mendaratkan pasukan dengan baik. Selain dalam operasi perang kemampuan motoris perahu karet juga sangat penting dalam operasi selain perang, misalnya dalam operasi kemanusiaan dan penanggulangan bencana alam seperti bencana banjir dan penyelamatan dalam kecelakaan laut atau Search and Rescue (SAR) air.

Latihan tersebut dilaksanakan guna meningkatkan kemampuan teknik dan taktik seorang motoris dalam mengendalikan perahu karet saat bermanuver serta memberikan bekal pengetahuan labih mendalam mengenai perahu karet dan mesin yang berupa motor tempel. Materi yang diberikan meliputi pengetahuan perahu karet dan mesin motor tempel.

Lebih lanjut, Danyonmarhanlan III Mayor Marinir Surya Affandy Novyanto, M.Tr.Opsla., menyampaikan bahwa motoris adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap prajurit marinir karena tugas pokok marinir adalah prajurit amfibi yang harus mampu mengatasi segala macam rintangan baik di darat maupun di laut.

Related posts