Prajurit Yonmarhanlan IV Batam Laksanakan Penyegaran Materi Kesenjataan Mesin

Batam, PW: TNI AL, Pasmar 1. Dalam rangka meningkatkan mutu kualifikasi, Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV Batam melaksanakan penyegaran materi kesenjataan mesin di Lapangan Apel Mako Yonmarhanlan IV Batam, Rabu (27/12/2023).

Letda Marinir Nendri Dianto sebagai pemberi materi, menyampaikan tentang dua materi kesenjataan mesin dalam pertempuran setingkat Regu atau Pleton di Satuan Infanteri Marinir, SMR (Senapan Mesin Ringan). Senapan mesin ini dirancang untuk dibawa oleh satu prajurit saja dan ditujukan untuk mendukung pasukan tingkat satuan hingga regu, sehingga kerap disebut senapan otomatis regu.

Sedangkan SMB (Senapan Mesin Berat) adalah senapan yang memiliki kemampuan menembak secara full otomatis dengan menggunakan munisi kaliber besar, sehingga karena bentuknya yang besar dan berat maka system pengawakannya juga tidak sendiri melainkan di bantu oleh pembantu penembak yang bertugas membawa munisi dan menyiapkan landasan tembak.

Setelah penyegaran materi selesai, dilanjutkan dengan drill kering di Lapangan Apel Mako Yonmarhanlan IV Batam dengan membentuk orgas – orgas pertempuran Infanteri Marinir setingkat Regu dan Peleton. Sehingga prajurit selalu memahami tugas – tugas pokoknya sebagai penembak SMB/ SMR dan juga pembantu penembak.

Lebih lanjut Komandan Yonmarhanlan IV Batam Mayor Marinir Andi Arif Mangkubumi, S.IP., menyampaikan bahwa pentingnya mengasah kemampuan Prajurit secara berkala dan berjenjang untuk meningkatkan mutu kualifilasi Prajurit, sehingga kapanpun dan dimanapun selalu siap apabila di beri tugas tempur oleh Negara. “Karena pada dasarnya Prajurit Marinir adalah oasukan Infanteri, sehingga semua harus bisa dan mampu mengawaki senapan mesin tersebut,” jelasnya.

Related posts