Antisipasi Bahaya DBD, Kodim 0826/Pamekasan Gelar Karya Bhakti Bersih-bersih Pasar Tradisional

PAMEKASAN PW – Kodim 0826/Pamekasan, bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Pamekasan dan Polri, mengambil langkah proaktif dalam mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) dan potensi terjadinyabanjir. mereka melaksanakan karya bhakti pembersihan di Pasar 17 Agustus, Jl. Pintu Gerbang No.115, Kelurahan Bugih, Kecamatan Pamekasan, Jum’at (08/12/2023).

Kegiatan yang melibatkan unsur TNI, Polri, BPBD, PUPR, DLH, Pemerintah Kecamatan Kota, dan partisipasi masyarakat ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan mengurangi potensi tempat berkembangbiaknya nyamuk Aedes aegypti, vektor penyebab penyakit DBD serta potensi banjir disaat musim penghujan.

Komandan Kodim 0826/Pamekasan Kolonel Inf Ubaydillah, S.I.P., menyatakan bahwa sinergi lintas sektor ini penting dalam memberikan dampak maksimal terhadap upaya pencegahan. “Kami berkomitmen untuk melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sebagai langkah preventif menghadapi bahaya DBD,” ujarnya.

“Kegiatan ini bukan hanya sebagai respons terhadap potensi penyebaran penyakit, tetapi juga sebagai bentuk tanggung jawab bersama dalam menciptakan lingkungan yang sehat,”tegasnya.

Dandim 0826/Pamekasan juga mengatakan bahwa sebelum pelaksanaan pembersihan pasar kegiatan karya bhakti diawali dengan pembersihan saluran aliran sungai, selokan dan penanaman pohon untuk mencegah banjir dan penyakit demam berdarah.

Selain membersihkan sampah pasar, para peserta karya bhakti juga memberikan edukasi kepada pedagang dan pengunjung pasar tentang pentingnya menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit.

Semangat gotong royong terlihat jelas dalam upaya bersama ini untuk menciptakan lingkungan yang aman dari risiko penularan DBD.

Related posts