Aspotmar Danlantamal V Ikuti Seminar Nasional Koarmada RI Secara Daring

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V Brigadir Jenderal TNI Marinir Joni Sulistiawan yang diwakilkan oleh Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal V Kolonel Marinir Asrof mengikuti seminar Nasional Koarmada RI dalam rangka hari Armada RI tahun 2023 secara daring bertempat di Ruang rapat Mako Lantamal V Perak, Surabaya. Jumat(17/11)

Seminar Nasional Koarmada RI dengan mengangkat tema ” Koarmada RI mendukung Kekuatan Laut Nusantara terus melaju bersama untuk Indonesia maju. ” yang diawali dengan sambutan pertama oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut ( Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S Aldedharma bertempat di Gedung Olahraga OB. Syaaf Koarmada RI pondok dayung, Jakarta dihadiri oleh Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Agus Hariyadi yang mewakili Panglima TNI, KS Koarmada RI, para Pejabat utama Koarmada RI, Wadan Kodiklatal, Para PangKotama TNI AL, Ka bakamla RI, Para Panelis dan ketiga Narasumber, serta dilakukan secara Video Conference diikuti sebanyak 24 participant yang terdiri dari Kotama/ Satuan kerja TNI AL yang tersebar diseluruh Indonesia.

Dalam membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, Wakasal Laksdya TNI Erwin S Aldedharma mengungkapkan dengan adanya seminar Nasional tersebut selain untuk memperingati Hari Armada RI yang jatuh pada tanggal 5 Desember yang akan datang, juga memberikan kesempatan bagi para pemangku kepentingan baik dari Pemerintah, Akademisi dan komunitas masyarakat serta pihak kemaritiman untuk berkontribusi memberikan sumbangsih pemikiran, solusi yang obyektif dan efisien dalam menghadapi potensi ancaman masalah kemaritiman yang akan muncul dalam rangka menjaga stabilitas keamanan Nasional untuk Indonesia maju.

Dalam rangkaian acara seminar tersebut menghadirkan keynote Speech Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono yang diwakilkan oleh Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Agus Hariyadi memaparkan persepsi tentang keamanan laut, kebijakan Nasional, tata kelola keamanan laut Nasional, tugas dan peran TNI AL.

Perlu diketahui bersama dalam seminar Nasional Koarmada RI tersebut dipandu moderator cantik Chacha Annisa sehari – hari bertugas sebagai presenter berita salah satu televisi swasta dengan menghadirkan tiga Narasumber antara lain pembicara 1 : DR. Adriani Kusumawardani jabatan sehari – harinya sebagai Plt. Asisten Deputi keamanan dan Ketahanan Maritim, Pembicara 2 : Prof. Yanuar Nugroho, PH. D jabatan sehari – harinya sebagai Tim Ahli sekretariat Nasional TPB/SDGs Bappenas, Pembicara 3 : DR. Nikolaus Loy, SIP., MA yang sehari – hari menjabat sebagai Lektor jurusan HI, FISIP UPN ” Veteran ” Yogyakarta. Serta tidak ketinggalan menghadirkan para Panelis antara lain Kadiskum TNI AL, Kapusjianmar Seskoal, Dirjen PSDKP KKP, Dirjen Kuathan Kemhan, Dir Opsla Bakamla RI, Dirpolair Baharkam Polri, Ketua Mahkamah Pelayaran, Ketua Umum INSA, Ketua Umum HNSI, CEO Indonesian ocean Justice Inisiatif (IOJI).

Hadir mendampingi Aspotmar Danlantamal V dalam Video Conference antara lain para Perwira Pembantu Staf Potmar dan Dis Potmar Lantamal V serta Perwira Diskum dan Pomal Lantamal V.

Related posts