Insiden Kabakaran KM. Lintas Papua Berujung Hilangnya Nyawa Seorang ABK, Polri Merespon Datangi TKP

Polres Maluku Barat Daya – Warga Desa Tepa dikejutkan dengan Insiden kebakaran yang terjadi di kapal KM. Lintas Papua yang sedang merapat di dermaga Pelabuhan Laut Tepa sekitar pukul 01.00 Wit pada Kamis dini hari (10/08/2023).

Saat terjadi insiden kebakaran berlangsung seorang warga atas nama Charles Lerrick mendatangi kantor Polsek Tepa dan melaporkan peristiwa itu, Kapolsek Tepa Ipda Trengky Bonara, S.H bersama beberapa personel secara respek bergerak cepat mendatangi TKP di Dermaga Pelabuhan Laut Tepa.

Kapolsek bersama personelnya bersama kru kapal lainnya melakukan evakuasi terhadap para korban luka bakar sejumlah 4 orang yang bekerja sebagai juru minyak yaitu sdr. Edward, sdr. Andre, sdr. Alif Nur Rochim dan sdr. Muhammad Saif bersama ke 12 ABK lainnya keatas dermaga, keempat korban tersebut kemudian dilarikan ke Puskesmas Tepa untuk dilakukan pertolongan medis.

Dari sejumlah informasi dan dokumen yang dihimpun oleh Seksi Humas Polres MBD sesuai hasil konfirmasi dengan Kapolsek Tepa Ipda Frengky Bonara, S.H, diketahui bahwa awalnya ada 2 korban yang sementara bertugas di kamar mesin, secara tiba-tiba ada percikan api (kosleting) yang diduga berasal dari dinamo mesin lampu, ketika api mulai membesar ke 2 korban tersebut berteriak kebakaran dan tak lama kemudian datanglah ke 2 korban lainnya dengan maksud akan menyelamatkan ke 2 korban awal yang terjebak didalam kamar mesin karena api sudah membesar, berselang beberapa saat terjadilah ledakan yang berakibat ke 4 korban mengalami luka bakar. Insiden ledakan tersebut sempat membangunkan Nakhoda Kapal sdr. Juju Juara, KKM sdr. Adi Riwayad dan Mualim I sdr. Muhajir serta kru kapal lainnya dan menyelamatkan ke atas dermaga.

Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K. melalui Kapolsek Tepa Ipda Frengky Bonara, S.H mengatakan, Langkah awal yang kami lakukan adalah melakukan tindakan penyelamatan terhadap seluruh awak kapal dengan mengevakuasi mereka dari dalam kapal keatas dermaga, selain itu kami berupaya untuk mengevakuasi keempat korban dan melarikan mereka ke Puskesmas Tepa (Rawat Inap) untuk mendapatkan pertolongan medis, namun korban Muhammad Saif tidak dapat diselamatkan (meninggal dunia) akibat luka bakar yang dideritanya.

“ Laporan tentang insiden kebakaran pada kapal KM. Lintas Papua telah kami terima dan akan kami tindak lanjuti melalui rangkaian kegiatan Penyelidikan untuk mendalami insiden kebakaran tersebut. “ ujar Kapolsek.

Kapolsek juga menambahkan, terhadap Korban Almarhum sdr. Muhammad Saif akan dilakukan pemeriksaan medis (Visum et Repertum) oleh tenaga medis Puskesmas Tepa, setelah itu kami akan berkoordinasi dengan pengurus Masjid Tepa untuk mengurus pemakaman almarhum.

“ langkah hukum yang akan kami lakukan sesuai petunjuk dan arahan pak Kapolres yaitu meminta keterangan dari saksi-saksi terkait insiden kebakaran tersebut, mencari dan mengumpulkan bukti-bukti guna memberikan kejelasan faktor penyebab utama terjadinya insiden kebakaran pada kapal tersebut, untuk kepentingan penyelidikan Kapal KM. Lintas Papua telah diamankan (berlabuh jangkar) disisi barat dermaga Pelabuhan Laut Tepa. “ tutup Kapolsek.

Related posts