Kota Sorong PW- Warga masyarakat yang tinggal menetap ataupun berdomisili di Kota Sorong, saat ini bisa dapat langsung menyampaikan masalah, saran ataupun harapan kepada perwakilan rakyat yang duduk di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sorong.
Kalau selama ini terkesan untuk menyampaikan aspirasi kepada Pimpinan maupun anggota DPRD Kota Sorong, masyarakat harus melalui berbagai macam prosedur. Sehingga pada kebanyakannya, masyarakat gagal dalam menyampaikan aspirasi mereka. Hal itu akibat dari prosedur atau birokrasi yang sulit.
Untuk memudahkan masyarakat menyampaikan aspirasi ke DPRD, maka Fatmawati Djalali S.IP MM yang kesehariannya sebagai Kepala Bagian Keuangan Sekretariat DPRD Kota Sorong, membuat sebuah inovasi kreatif untuk seluruh masyarakat yang ada di Kota Sorong agar lebih dekat dengan DPRD.
Dikatakan Fatmawati saat ditemui di kantor DPRD Kota Sorong (5/6), untuk menjangkau aspirasi masyarakat Kota Sorong ke DPRD, dirinya membuat inovasi “Klinik Aspirasi Kota Sorong” yang lokasinya berada di dalam gedung kantor DPRD Kota Sorong. Kemudian ada “Kolom Aspirasi” di website www.dprd-sorongkota.go.id
“Masyarakat kitakan berbeda-beda, ada yang di uulau, ada yang di Tanjung Kasuari dan lainnya , dimana jaraknya memang jauh. Namun saya membuat inovasi untuk memudahkan masyarakat, sekarang kan sudah era digitalisasi. Jadi saya buat kolom aspirasi di website, untuk mempermudah masyarakat berinteraksi dengan DPRD,” jelas Wati sapaan akrabnya.
“Siapa saja masyarakat bisa mengajukan aspirasinya di kolom komentar melalui handphone ataupun gadget lainnya. Itu mungkin bagi masyarakat yang tinggalnya agak jauh. Kalau tinggalnya dekat kantor DPRD, bisa langsung ke klinik aspirasi, disana ada tim yang siap melayani. Kalaupun dekat tapi ingin melalui website, juga dipersilahkan,” lanjutnya.
“Dalam kolom komentar tersebut, masyarakat hanya perlu memasukkan nama lengkap, nomor KTP, nomor telepon/hp, ditujukan kepada siapa kemudian mengisi saran/aspirasi dan kemudian mengklik kirim. Cukup mudah dan dapat di akses seluruh masyarakat Kota Sorong,” tambahnya.
Fatmawati Djalali berharap agar masyarakat Kota Sorong dapat mengakses inovasi yang dibuat untuk masyarakat agar lebih dekat dengan para anggota DPRD Kota Sorong, baik melalui klinik aspirasi yang ada di kantor DPRD Kota Sorong, maupun melalui kolom komentar di website www.dprd-sorongkota.go.id
*Jacob Sumampouw