Prajurit dan Jalasenastri Ranting E Cabang 1 Korcab Pasmar 1 Berlatih Angklung Untuk Ciptakan Rekor MURI

Jakarta, PW: TNI AL, Pasmar 1, Rabu (23/05/2023). Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) III dan Jalasenastri Ranting E Cabang 1 Korcab Pasmar 1 mengikuti latihan angklung  dalam rangka persiapan  menciptakan rekor muri yang dilaksanakan di gedung Gada Kesatrian Marinir Hartono Cilandak Jakarta Selatan.

Adapun tehnik dasar yang dilatih kan  memainkan angklung yang pertama teknik Kurulung merupakan teknik dasar bermain angklung dengan cara menggetarkan tabung suara. Yang kedua Centok yang merupakan teknik dasar bermain angklung dengan cara memukul tabung horizontal pada bagian dasar angklung oleh telapak tangan. Ketiga Tengkep yang merupakan teknik dasar bermain angklung dengan cara menggetarkan tabung besar saja. Sementara tabung kecil ditahan dengan jari kelingking atau diberi sumbat sehingga tidak bisa bergetar saat dimainkan.

Tujuan diadakannya kegiatan tersebut merupakan upaya dalam melestarikan budaya Indonesia sekaligus mengenalkan kepada generasi muda untuk tetap menjaga dan melestarikan budaya Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Danyonmarhanlan III Mayor Marinir Daniel Rudy Siswanto, M.Tr.Opsla., selaku pembina Jalasenastri Cabang 1 Korcab Pasmar 1 berharap dengan ikut sertanya Prajurit dan Jalasenastri Yonmarhanlan III mampu mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat terutama pada keluarga. “Dengan begitu, komponen terkecil masyarakat yakni dari keluarga sekalipun mampu ikut serta melestarikan budaya,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Jalasenastri Ranting E Cabang 1 Korcab Pasmar 1 Ny. Ceria Daniel Rudy Siswanto mengungkapkan dengan ikut sertanya para anggota Jalasenastri ini bisa mencontohkan kegiatan yang baik bagi keluarga lalu bisa berkontribusi dalam kegiatan melestarikan Budaya Indonesia baik itu dalam rangka memecahkan rekor muri atau dalam kegiatan lain.

Related posts