Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim 0803/Madiun Gelar Latnister

Madiun – Kodim 0803/Madiun menggelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) yang merupakan kegiatan program yang harus dilaksanakan Satuan Kodim dalam setiap tahunnya. Hal ini dilakukan untuk memantabkan dan meningkatkan kemampuan teknik bagi satuan kewilayahan dalam pelaksanaan tugas-tugas kewilayahan.

Latnister Kodim 0803/Madiun yang bertempat di Aula Makodim 0803/Madiun jl. Pahlawan no 25, Kel. Madiun Lor, Kec. Manguharjo, Kota Madiun Madiun, dibuka oleh Kasdim 0803/Madiun Mayor Arh Wahyu Susilo.

Kasdim menyampaikan Latnister tahun ini mengambil materi yang di titik beratkan pada materi ketatalaksanaan Binter, meliputi giat puldatater, Analisa kejadian, Menyusun rengiat binter dan laporan giat binter dan dilanjutkan kegiatan praktek.

“Pemahaman terhadap 5 kemampuan teritorial merupakan materi dasar yang harus dikuasai untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan sebagai aparat kewilayahan,” ujarnya, Senin (6/6/2022).

Lebih lanjut Kasdim menambahkan, pembinaan tertorial (Binter) harus didayagunakan untuk mengolah potensi wilayah yang meliputi geografi, demografi, maupun kondisi sosial menjadi kekuatan untuk mendukung kepentingan pertahanan Negara.

“Sebagai aparat teritorial harus mampu memberikan informasi yang akurat, cegah dini, cepat dan lapor cepat serta keahlian dalam melaksanakan kegiatan komunikasi sosial bersama masyarakat, selain itu manajemen teritorial dan kontrol wilayah serta pembinaan perlawanan rakyat harus benar-benar dikuasai,” tambahnya.

Mengakhiri sambutannya Kasdim berharap kepada para peserta agar mengikuti kegiatan Latnister dengan sungguh-sungguh serta memperhatikan materi yang diberikan. Sehingga mampu menerapkan materi yang telah diperoleh guna menunjang tugas di lapangan.

Related posts