Prajurit Yonkes 2 Marinir Musnahkan Limbah Medis Dengan Kendaraan Mesin Incinerator

Surabaya, PW:  Menindak lanjuti perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono tentang penanganan kasus virus Covid 19, personil Batalyon Kesehatan 2 Marinir memusnahkan limbah medis dengan menggunakan mesin incinerator di Garasi Rumah Sakit Lapangan Mobile milik Yonkes 2 Marinir. Karangpilang, Surabaya, Kamis (12/05/2022).

Kendaraan Mobile yang di desain menjadi mesin incinerator oleh PT Delima Jaya yang saat ini di miliki oleh Yonkes 2 Marinir mampu memusnahkan material organik secara thermal melalui proses pembakaran dalam suatu sistem yang terkontrol. Proses insinerasi memungkinkan material combustible mengalami pembakaran, pada proses pembakaran ini dihasilkan gas partikulat, residu non combustible dan abu, gas tersebut disalurkan melalui port tersendiri yaitu cerobong.

Komandan Batalyon Kesehatan 2 Marinir Letkol Laut (K) dr. Satrio Sugiharto Machfudi menjelaskan mesin incinerator bagi Yonkes 2 Marinir sangatlah penting mengingat semakin bertambahnya sampah medis pada saat pandemi covid-19 ini, sebab limbah Covid-19 ini sangatlah berbahaya akan penyebarannya, maka dari itu perlunya mesin pemusnahan limbah medis infeksius.

“proses pemusnahan limbah medis infeksius ini menggunakan mesin incinerator berteknologi “Stepped Heart Controlled Air” dengan dua proses pembakaran bersuhu 800 derajat celcius yang dilengkapi alat kontrol polusi udara guna menetralkan emisi gas buang seperti partikel, acid gas, toxic metal, organic compound, CO, dioxin dan furan sehingga gas buang yang dikeluarkan dapat memenuhi parameter standar emisi internasional.” Jelasnya.

Kegiatan berjalan dengan lancar. Dalam pelaksanaan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan memakai masker dan mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan.

Related posts