Pasmar 1 Peringati Hari Dharma Samudera

Jakarta, PW: Komandan Pasmar 1 (Danpasmar 1) Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., CSBA., memimpin  upacara dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera ke 60 tahun 2022, upacara tersebut berlangsun di lapangan Apel Brigif 1 Marinir, Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (15/01/2022).

Kegiatan tersebut diawali dengan pengibaran sang Merah Putih, mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pembacaan sejarah pertempuran laut, adapun Komandan Upacara pada upacara tersebut adalah Mayor Marinir Muhammad Hultria Guchy, S.E, M.Tr.Opsla., yang menjabat sebagai Paspers Menkav 1 Mar.

Kemudian dilanjutkan dengan amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang dibacakan Danpasmar 1, dalam amanat tertulis  menyampaikan bahwa dalam rangka Hari Dharma Samudera ini, merupakan bentuk penghormatan terhadap para Pahlawan bangsa sekaligus mengenang peristiwa yang terjadi di Laut Arafuru pada 60 tahun silam.

“Geografi negara kesatuan Republik Indonesia yang strategis merupakan anugerah tuhan yang maha kuasa, apalagi lengkap dengan sumber daya alam yang melimpah baik di darat, di laut maupun di bawah dasar laut, menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki arti penting bagi bangsa – bangsa di dunia. Tidaklah mengherankan bila sejak dahulu kala, berbagai bangsa berusaha untuk dapat memegang kendali, bahkan menguasai, wilayah nusantara. Meskipun tantangan yang kita hadapi hari ini tidak persis sama dengan masa yang lalu, namun prinsip dan nilai-nilai kepahlawanan tidak akan pernah berubah, apapun tantangan yang kita hadapi sekarang dan yang akan datang, kapan tugas negara memanggil, akan kita pertaruhkan jiwa dan raga di bawah panji merah putih,” tegas Kasal dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danpasmar 1.

Turut hadir dalam upacara tersebut Wadan Pasmar 1 Kolonel Marinir Bambang Wahyuono, S.A.P., para Asisten Danpasmar 1, para Dankolak Pasmar 1, para Dansatlak Pasmar 1, para Perwira dan prajurit dari seluruh satuan dijajaran Pasmar 1.

Related posts