Buka Raker I KKAMT, Hermus Indou “Jangan Lepaskan Budaya Tahu Diri dan Tidak Lupa Diri”

MANOKWARI, — Bupati Manokwari, Hermus Indou, mengutarakan kiranya bukan sekedar seremonial semata pelaksanaan Rapat Kerja (Raker) Perdana (I) Kerukunan Keluarga Ambon Maluku Tengah (KKAMT) Kabupaten Manokwari, Periode 2021 – 2025.

“Kiranya apa yang telah dilaksanakan hari ini dapat bermanfaat bagi kita semuanya bukan saja pada seluruh warga masyarakat KKAMT tapi seluruh Masyarakat kabupaten Manokwari. Atas nama pemerintah daerah Kabupaten Manokwari kami mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaan Raker I KKAMT Manokwari tahun 2021. Kiranya hasil Raker ini dapat mendukung pemerintahan yang kuat melalui kegiatan sosial,”Ungkap Bupati Hermus Indou, saat menghadiri dan membuka kegiatan Raker I KKAMT Manokwari, bertempat di Aula Billy Hotel, Manokwari, pada sabtu (6/10/2021).

Sehingga melalui sebuah kesepakatan yang diputuskan didalam forum dan musyawarah atas asas mufakat bersama, diharapkan menjadi dasar kepada seluruh besar kerukunan keluarga ambon malulu tengah (KKAMT) dapat melaksanakan kegiatan -kegiatan sosial yang mumpuni.

Dengan demikian menjadi rupa untuk kebaikan bersama. maka dengan kehadiran KKAMT diharapkan dapat menjadi wadah pembinaan dan pemberdayaan, serta menghimpun warga masyarakatnya secara kesukuan dengan baik.

“Penghargaan yang tulus kepada seluruh suku – suku di Nusantara, termasuk KKAMT hari ini. Saya lihat ini menjadi sebuah dasar yang kokoh yang telah dibangun menjadi sebuah kesadaran yang tumbuh dari dalam setiap suku, baik Suku asli Papua maupun Suku Nusantara,”Ujarnya

Ini tentu dengan persaudaraan yang kuat dan mampu menjaga integritas dalam kehidupan bermasyarakat, maka tentu dapat menghadapi dinamika kehidupan.

“Kita tidak bisa berjuang sendiri dalam menghadapi dinamika kehidupan ini. Berjuang sendiri tidak bisa mencapai apa – apa, sehingga marilah kita membangun sebuah kebersamaan, sinergitas agar sebuah tujuan yang besar bisa kita wujudkan secara bersama – sama juga,”Ujar Bupati

“Saya kira dengan kehadiran KKAMT seluruh warganya berada dalam pembinaan yang baik. Dengan demikian aktivitas sosial untuk menopang pembangunan Manokwari dapat berlangsung secara sebaik – baiknya,”Cetus Bupati menambahkan.

Selain itu, Bupati Hermus juga mengingatkan, agar budaya tahu diri dan tidak lupa diri agar jangan terlepas dari kesukuan tersebut. Sebab, dengan begitu maka setiap lapisan masyarakat dapat terus menghormati, menghargai adat budaya dan leluhurnya.

“Kita musti tahu diri. Kita datang dari mana dan identitas kita jangan sampai hilang meski telah berada di tanah rantau. Tapi kiranya terus berjuang membangun rasa kebanggan kita sebagai anak Maluku di tanah rantau,”Paparnya

Ini dengan maksud, agar sebuah identitas diri dari sebuah adat dan istiadat tidak boleh dilupakan.

“Jadi rasa bangga atas identitas kesukuan itu penting. Seperti saya, selalu bangga mengutarakan saya Anak Orang Arfak. Meski telah lahir dan besar di Manokwari misalnya, tidak boleh lupa dengan tanah asalnya, dan tidak lupa atas adat istiadat serta budaya. Jadi itu wajib untuk kita lestarikan dan wariskan kepada generasi – generasi kita dimasa mendatang,”Tukasnya

Sementara itu, Ketua KKAMT Romer Tapilatu mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya atas kehadiran Bupati Manokwari, Hermus Indou dan atas dukungan yang diberikan, maka KKAMT juga kedepan siap akan semakin berkontribusi dalam pembangunan daerah Kabupaten Manokwari, berdasarkan Visi – Misi kerja Bupati.

“Dukungan kami kepada bapak sepanjang pemerintahan ini kedepan kami siap mendukung segala program kerja yang ada dan kami siap berkontribusi,”Ujar Romer Tapilatu.

Related posts