Yonmarhanlan XIV Pasmar 3 Sorong Lestarikan Lingkungan Maritim Dengan Menanam Mangrove

Sorong, PW: Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) XIV Sorong Pasmar 3 Letkol Mar Bejo Santoso, S.E.,M.Tr.Opsla beserta prajurit petarung “Kasuari Perkasa” turut berpartisipasi dalam penanaman pohon mangrove yang di adakan oleh instansi otoritas Bandara Udara Kelas 1 DEO Sorong dan Airnav bekerja sama dengan Lantamal XIV Sorong bertempat di Jl. Basuki Rahmat, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat. Rabu (29/09/2021).

Dalam kegiatan ini, personel Yonmarhanlan XIV Sorong menanam sebanyak ± 200 bibit mangrove. Untuk melindungi garis pantai atau pengikisan, pohon mangrove ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat menahan gelombang besar termasuk tsunami. Oleh karena itu, manfaat penanaman mangrove sangat penting sekali untuk mencegah terjadinya bencana alam serta memelihara kelestarian lingkungan maritim di daerah pesisir.

Pada kesempatan tersebut, Danyonmarhanlan XIV Sorong menyampaikan, dengan peningkatan kesadaran akan pentingnya hutan mangrove oleh masyarakat di daerah pesisir ini, maka akan semakin tinggi pelestarian alam yang bisa dilakukan dan memberikan manfaat terutama lingkungan maritim daerah pesisir.

Letkol Mar Bejo Santoso, S.E.,M.Tr.Opsla berharap agar Yonmarhanalan XIV dan semua pihak terkait dapat membantu dan berperan penuh di dalam melestarikan serta menghijaukan hutan bakau karena manfaatnya dapat memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat sekitar.

Related posts