Pangkolinlamil Resmikan Satlinlamil 3 Dan Pengukuhan Dansatlinlamil 3 Di Lantamal VI

loading...
Makassar, PW: Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 3 Makassar diresmikan langsung oleh Pangkolinlamil Laksamana Muda (Laksda) TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) melalui pelaksanaan upacara peresmian Satlinlamil 3 dan Pengukuhan Dansatlinlamil 3 bertempat di Dermaga Layang Mako Lantamal VI , Rabu (02/12/2020).
Upacara tersebut dihadiri oleh berbagai undangan dari Forkopimda dan Pangkotama di wilayah Sulsel seperti Pangdam XIV Hasanuddin Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Andi Sumangerukka, S.E., M.M., Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Dr. Benny  Sukandari, S.E., M.M., CHRMP, Kapolda Sulsel Irjen. Pol. Drs. H. Merdisyam, M.Si., Pangdiv 3 Kostrad Mayor Jenderal TNI Wanti Waranei Franky Mamahit, Kabinda Sulsel, perwakilan dari Koopsau II, Kajati Sulsel, Walikota Makassar serta para undangan TNI/POLRI dan Pemerintahan Sulsel lainnya.
Dalam upacara peresmian, Kolonel Laut (P) Yulis Anderas Lorentinus M. Tr (Hanla) dikukuhkan sebagai Komandan Satlinlamil 3 Makassar dilanjutkan dengan pernyataan peresmian dan penekanan tombol sirine oleh Pangkolinlamil sebagai tanda bahwa Satlinlamil 3 telah resmi berdiri di Makassar.
Dalam sambutannya, Pangkolinlamil menyampaikan bahwa Satuan Lintas Laut Militer 3 yang diresmikan hari ini merupakan satuan komando pelaksana pembinaan kolinlamil yang mempunyai tugas pokok untuk menyiapkan unsur-unsur KRI di jajarannya dalam rangka mendukung tugas-tugas yang diemban Kolinlamil, khususnya di wilayah timur Indonesia.
Kota Makassar dipilih secara strategis sesuai dengan konsep operasi gabungan yang diperankan oleh Kolinlamil terutama operasi pendaratan administrasi dengan menggelar 3 Satlinlamil yaitu Jakarta, Surabaya dan Makassar.
“Kehadiran Satlinlamil 3 diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam upaya pembinaan kemampuan sistem angkutan laut militer dan potensi angkutan laut nasional di wilayah timur Indonesia dan diharapkan juga dapat meningkatkan kecepatan reaksi dan jangkauan operasi dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas-tugas TNI”, ujarnya.
Upacara diikuti oleh pasukan dari personel TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polda Sulsel dan Syahbandar Utama Kota Makassar.

Related posts