Manfaatkan Waktu Luang, Prajurit Yonzeni 2 Mar Fokus Rawat Kebun Ketahanan Pangan

Surabaya, PW: Salah satu dampak yang harus diantisipasi terkait pandemi Covid-19 adalah ketersediaan pangan yang cukup bagi seluruh rakyat. Menyikapi hal tersebut prajurit Batalyon Zeni 2 Marinir ( Yonzeni 2 Mar ) memanfaatkan waktu luang disela-sela hari libur dengan merawat lahan ketahanan pangan di lingkungan Yonzeni 2 Mar Kesatrian Marinir Soetedi Senaputra Karangpilang, Surabaya. Kamis (29/10/2020)

Memasuki musim penghujan lahan ketahanan pangan kelihatan menjadi lebih subur, hal itu dikarenakan pasokan air yang melimpah tetapi jika tidak dibarengi dengan perawatan ekstra maka rumput liar akan tumbuh dimana mana sehingga mengakibatkan pertumbuhan tanaman terganggu. Dengan berbekal cangkul dan sabit
para prajurit dengan cekatan membersihkan rumput disekitar tanaman, kemudian di gemburkan tanahnya dan diberi pupuk agar tanaman berkembang biak dengan sehat sehingga diharapkan pada saat panen nanti akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Danyonzeni 2 Mar Letkol Marinir Eko Puji Suryanto, S. H., M. M., M. Tr. Opsla, dihari libur ini menyempatkan hadir di tengah tengah prajuritnya untuk memberikan semangat dan apresiasi kepada seluruh anggota tidur dalam karena telah bekerja keras melaksanakan program satuan dalam hal ini ketahanan pangan sesuai dengan anjuran pemerintah. Mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, perawatan hingga masa panen tiba. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil produksi kebun ketahanan pangan Yonzeni 2 Mar.

“Tetap jaga kesehatan dengan melaksanakan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Manfaatkan waktu liburan ini dengan hal-hal yang bermanfaat. Rawatlah lahan ketahanan pangan kita dengan sebaik-baiknya, suatu saat pasti akan ada manfaatnya untuk keluarga besar Yonzeni 2 Mar, apalagi disaat situasi Pandemi seperti ini semuanya serba sulit, Semoga pandemi ini akan segera berakhir sehingga kita bisa beraktifitas kembali seperti sedia kala,” pungkasnya.

Lahan ketahan pangan yang ada di Yonzeni 2 Mar ini merupakan tahap kedua setelah panen raya beberapa bulan yang lalu. Saat ini sudah ada beberapa tanaman yang mulai menampakkan hasilnya diantaranya tanaman cabe, ketela pohon, pepaya, terong dan mentimun semantara yang lainnya masih dalam tahap perawatan. Untuk budidaya ikan air tawar seperti lele, nila, patin dan bawal diperkirakan dalam satu bulan kedepan sudah memasuki masa panen. Nantinya dari hasil panen tersebut dimanfaatkan untuk membantu meringankan beban ekonomi prajurit di tengah Pandemi Covid 19 ini.

Total Views: 447 ,

Related posts