Inisiatif Sertu Joko Ajak Warga Sekitarnya Atasi Dampak Pandemi Dengan Ternak Ayam Petelur Dan Budidaya Ikan Lele

 

Kandangan-PW: Untuk menyikapi keadaan sekarang yang sedang menghadapi wabah pandemi covid 19, semuanya pasti terdampak apalagi warga menengah ke bawah.

Menyikapi hal tersebut sertu Joko berinisiatif mengajak tetangga dan masyarakat sekitarnya untuk membuka usaha peternakan ayam petelur dan ikan lele dengan lahan terbatas di belakang rumah dinasnya Jl. Kamboja kelurahan kandangan utara kabupaten HSS, Minggu(25/10).

Dia memulai usaha tersebut dengan membentuk kelompok kecil berjumlah 6 orang yang juga merupakan warga masyarakat di sekitarnya.

Kemudian tercetuslah ide untuk memanfaatkan lahan yang ada di belakang rumahnya untuk membuat kandang ayam petelur dan budidaya ikan lele dengan menggunakan modal patungan dari 6 orang tersebut.

“Alhamdulillah dari usaha ini bisa membantu ekonomi keluarga dan masyarakat sekitar,”Ucap Joko

Di jelaskannya, mereka menjual harga telur di bawah pasar, ini secara tidak langsung dapat membantu warga masyarakat yang terdampak pandemi covid 19.

Lebih lanjut di katakannya,”Alhamdulillah sampai sekarang usaha ini didukung oleh keluarga dan satuan untuk meningkatkan dan membesarkan usaha kami ini”.

“Selain itu juga usaha yang di gagas ini juga untuk mendukung program pemerintah yakni program ketahanan pangan,” Imbuhnya.

Sementara itu Nurhuda yang merupakan warga sekitar sebelumnya dia berprofesi seorang pekerja bangunan menuturkan,”Terima kasih kepada pak Joko yang telah membantu warga masyarakat sekitar ini termasuk saya”.

“Di masa Pendem ini dengan adanya pak Joko mengajak kami untuk membuat peternakan ayam petelur dan ikan lele ini maka pendapatan keluarga kami bisa tercukupi,” Tuturnya.

Sedangkan komandan kodim 1003 kandangan Letkol Arm. Dedy Soehartono saat wawancara mengaku bangga atas inisiatif yang di gagas oleh anak buahnya tersebut.

“Meskipun dengan lahan terbatas di belakang rumah dinasnya, Ia berhasil memanfaatkanuntuk membuat kolam lele dan peternakan ayam petelur,” Tutur Dandim

“Yang lebih lebih membanggakan lagi, Dia bisa mengajak masyarakat sekitar untuk ikut juga dalam upaya memenuhi kebutuhan sehari-hari dan meningkatkan ketahanan pangan dalam situasi pandemi Covid19 ini,”Imbuhnya.(Mk-95).

Total Views: 2313 ,

Related posts