Di Tengah Covid-19, Lanud Rsn Gelar Panen Raya Jagung

Pekanbaru, PW: Di Tengah Covid-19 Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin gelar panen raya jagung  seluas 1 hektar, dalam rangka menciptakan ketahanan pangan keluarga, baik bagi petani Mustang maupun personel Lanud Rsn, tempat di Kebun Mustang Lanud Rsn, Jumat (23/10/2020).

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka,S.T.,M.M.,  menyebutkan,  hamparan tanaman jagung  yang sudah siap panen, ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita bersama, terutama khususnya bagi petani Mustang binaan Lanud paling tidak dapat meningkatkan kesejahteraan keluaraga mereka, apalagi dimasa pandemi Covid-19 semua serba sulit, hal ini terasa bagi petani kita sendiri.

“Puji Tuhan hari ini kita panen Jagung, sehingga hasil jagung ini nantinya dapat kita nikmati bersama, saya melihat bahwa jagung yang telah ditanam cukup subur tentunya akan menghasilkan jagung baik, hal ini  dapat meningkatkan kesejahteraan bersama khususnya bagi petani Mustang binaan Lanud Rsn dan bisa menambah ekonomi keluarga mereka, petani kuat maka kita juga akan kuat,”ujar Ronny Moningka.

Marsma TNI Ronny Irianto Moningka mengatakan, Covid 19 tak menghalangi personel Lanud Rsn dan petani Mustang untuk panen  jagung, ini salah satu tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dengan banyak  bergerak seperti mengolah lahan dan panen jagung serta  mengkosumsinya maka yakinlah, kita akan sehat, justru ini yang menjadi tantangan bagi kita bagaimana mengolah dan memanfaatkan lahan kosong menjadi produktif dan bernilai manfaat tinggi bagi masyarakat kita.

Kemudian Danlanud Rsn Marsma TNI Ronny Moningka   mencontohkan, negara Jepang saja, yang lahan pertaniannya yang begitu sempit,  tetap bisa mewujudkan ketahanan pangannya dengan sangat baik. Bahkan bisa mengekspor hasil produksinya dengan memanfaatkan teknologi pertanian.

“Tidak ada alasan kita tidak bisa, kita tidak boleh patah semangat, justru inilah saatnya kita meningkatkan inovasi dan kreativitas, bagaimana memanfaatkan segala sumber daya yang ada ini untuk bisa menjadi sumber ekonomi atau mata pencaharian bagi personel Lanud Rsn dan petani Mustang,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, mengajak personel Lanud Rsn untuk menggunakan lahan kosong baik yang ada disekitar kantor maupun rumah untuk lahan yang produktif, hal ini agar terbiasa untuk melakukan kegiatan budidaya kedepannya.

“Dan kita harapkan ini akan menjadi kebiasaan hidup yang akhirnya bisa menjadi sumber mata pencaharian atau pendongkrak ekonomi warga Lanud Rsn dan  petani Mustang binaan Lanud Rsn,” harapnya.

Personel Lanud Rsn dan petani  Mustang binaan Lanud Rsn dikoordinir Kabinpotdirga Lanud Rsn Letkol Kes Novita Sinaga,  melaksanakan panen raya jagung dengan penuh semangat

Related posts