Yon Roket 1 Mar Laksanakan Pemeliharaan Dan Perawatan Program Ketahanan Pangan

Jakarta, PW: Prajurit Batalyon Roket 1 Marinir (Yon Roket 1 Mar) melaksanakan pemeliharaan dan perawatan program ketahanan pangan yang dilaksanakan di lingkungan Yon Roket 1 Mar Kesatrian Marinir Baroto Sardadi Marunda, Jakarta Utara, Kamis (22/10/2020).

Ketahanan pangan yang telah dimiliki oleh Yon Roket 1 Mar antara lain ternak Bebek, perikanan, sayur mayur dan tanaman obat untuk konsumsi dan produksi Prajurit Batalyon Roket 1 Marinir. Kegiatan yang dipimpin oleh Bintara Utama Batalyon Roket 1 Mar Sertu Marinir Dwi Riski Nurdianto tersebut meliputi perawatan tanaman dengan melaksanakan penggemburan tanah, penyiraman yang cukup dan melaksanakan pembersihan kolam budi daya ikan.

Selain itu perawatan program ketahanan pangan juga dilaksanakan dengan memberikan pakan dan vitamin  guna meningkatkan produksi telur bebek untuk di jadikan telor asin dan hasilnya bisa di konsumsi oleh prajurit Batalyon Roket 1 Marinir serta dijual guna untuk keperluan perawatan bebek tersebut.

Sedangkan perawatan pada jenis ikan baik yang menggunakan bioflok maupun kolam dilaksanakan dengan cara memelihara ikan indukan dan jantan di kolam besar, apabila sudah ada bibit yg dihasilkan dari indukan maka dilaksanakan pemisahan sampai ikan tersebut siap dikonsumsi begitu seterusnya jadi tidak perlu lagi untuk membeli bibit ikan setelah ikan sudah siap di panen maka bisa di konsunsi oleh para Prajurit Batalyon Roket 1 Marinir dan bisa berproduksi secara terus menerus.

Ketahanan pangan sendiri merupakan program dari Pemerintah dan jajaran Korps Marinir dalam menghadapi masa pandemi COVID-19 yang bertujuan untuk mewujudkan pemantapan ketahanan pangan Prajurit sampai tingkat perseorangan secara berkelanjutan dan pada saat musim panen tiba dapat dimanfaatkan oleh seluruh prajurit dan masyarakat sekitar.

Selama kegiatan ini, tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak guna mencegah penyebaran COVID-19.

Related posts