Dankodiklatad buka kegiatan Pembinaan Kurikulum dan Evaluasi Hasil Belajar di Pusdikhub Kodiklatad

Cimahi, PW: Bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Prajurit TNI AD khususnya bidang pendidikan yang diselenggarakan di lingkungan TNI Angkatan Darat, Komandan Kodiklat TNI Angkatan Darat, Letjen TNI AM Putranto, S.Sos. membuka kegiatan Pembinaan Kurikulum Pendidikan (Kurdik) dan Evaluasi Hasil Belajar (EHB) yang bertempat di Pusat Pendidikan Perhubungan Kodiklatad, Senin (19/10/2020).

Dalam amanatnya Dankodiklatad menekankan pentingnya Kurdik dan EHB yang merupakan salah satu dari 10 Komponen Pendidikan di TNI AD. “Untuk dapat meningkatkan Sumber Daya Prajurit melalui pendidikan perlu diimplementasikan sistem kurikulum yang visioner dengan kurikulum yang adaptif serta evaluasi hasil belajar yang menjadi tolok ukur keberhasilan”, ujar Komandan.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, Dankodiklatad berharap para pejabat penyusun kurikulum pendidikan baik pejabat Lemdikpus dan Pus/Cab/Fung AD dapat menjadi narasumber dalam melaksanakan penyusunan dan revisi kurikulum pendidikan di kesatuannya. Kemudian Dankodiklatad berharap bahwa tim Kelompok Kerja penyusunan Kurikulum agar dapat memanfaatkan EHB sebagai input positif dihadapkan pada operasional pendidikan secara nyata, sehingga tercipta pendidikan berkualitas untuk mewujudkan prajurit unggul dan siap dioperasionalkan kapan saja.

Sementara itu, Aspers Kasad, Mayjen TNI Mulyo Aji, M.A. dalam paparannya mengungkapkan bahwa TNI AD memerlukan kurikulum pendidikan yang mengikuti perkembangan jaman serta dapat menghadapi potensi ancaman bagi TNI AD di masa yang akan datang khususnya menyesuaikan dengan program Renstra 2020-2024.

Sedangkan Direktur Pendidikan Kodiklatad, Brigjen TNI Budi Eko Mulyono, S.Sos., M.M. menyampaikan bahwa kegiatan Pembinaan Kurdik dan EHB dilaksanakan mulai tanggal 19 sd 23 Oktober 2020. Keseluruhan peserta berjumlah 248 orang dari Lemdik Jajaran Kodiklatad, Lemdikpus/cab/fung TNI AD dan seluruh Resimen Induk Kodam.

“Setelah kegiatan ini selesai diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan Juknis Kurikulum Pendidikan dan EHB dengan baik dan benar”, ungkap Dirdik. Lebih lanjut Dirdik menjelaskan bahwa peserta dan kegiatan diatur sesuai dengan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran penyakit Covid-19.

Turut hadir dalam acara Pembukaan, Wadankodiklatad, Para Danpussen, para Kepala Lemdikpus/cab/fung, para Dirbindik, para Direktur Kesenjataan, Danpusdik jajaran Kodiklatad, para Kasubdis Binfung, dan tamu undangan lainnya.

Total Views: 214 ,

Related posts