Positif Covid-19 1.362 orang, Kesembuhan di Kota Sorong Sudah 1.270 Orang

Kota Sorong (15/10) PW: Perlahan tapi pasti ! Kalimat ini layak ditujukan kepada Pemerintah Kota Sorong, dalam hal ini Tim Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sorong. Hal ini dikarenakan penyebaran virus Corona mulai dapat dikendalikan. Hal ini terlihat dari total orang yang positif dibandingkan dengan yang sembuh sudah diatas 90%. Walaupun hari ini terdapat penambahan 10 orang yang terkonfirmasi positif.

Penambahan 10 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini disampaikan Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sorong Ir Ruddy Rudolf Laku. Dikatakannya penambahan ini dari hasil 11 sampel yang telah diterima Tim Satgas. Walaupun masih ada 299 sampel yang masih dalam proses pemeriksaan. Ditambahkannya bahwa karantina Diklat Kampung Salak saat ini masih menangani 44 orang tanpa gejala.

Jubir Satgas ini kemudian merincikan data penyebaran Covid-19 di Kota Sorong yaitu total kontak erat 6.050 orang, sedang proses karantina 42 orang dan discharded 6.008 orang. Suspek totalnya ada 713 orang, yang dalam pemantauan 71 orang, sedang dirawat 10 orang, discharded 632 orang dan total probable 5 orang. Sedangkan hasil pemeriksaan terkonfirmasi positif 1.362 orang, negatif 3.981 orang dan sembuh sudah 1.270 orang. Pasien Meniggal RT-PCR positif 20 orang, RT-PCR negatif 4 orang dan probable suspek 6 orang.

Dijelaskan Ruddy, penyebaran Covid-19 di Kota Sorong sudah terjadi melalui transmisi lokal. “Transmisi lokal sudah terjadi baik di keluarga, perkantoran juga pasar. Namun presentasi penyebaran pada setiap cluster tersebut masih dalam perhitungan tim surveilen. Oleh sebab itu, kami terus meminta seluruh masyarakat agar tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan. Karena hal itu akan menekan bahkan menghentikan penyebaran Covid-19 di Kota Sorong”, terang Ruddy.

//Jacob Sumampouw

Related posts