Guna Cegah Pemaparan Covid-19 Rumkit Dr. Oepomo Lantamal V Gelar Baksos Rapid Test di RSS Wonosari

Surabaya, PW: Sekitar 200 Warga yang berdomisili di Rumdis TNI AL RSS Wonosari  menerima bantuan Skrining  Rapid Test dari Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V melalui Rumkit Dr. Oepomo Lantamal V yang dilaksanakan di Balai RW 05 RSS Wonosari Ujung Surabaya, Rabu (29/7).

Bantuan Skrining Rapid test ini tidak lepas dari kondisi Surabaya/Jatim yang masih masuk Zona Merah dalam Pencegahan Penanggulangan Pandemi Covid-19 serta merupakan implementasi dari arahan Pemerintah/KASAL Tentang Pola Skrining secara berkala dan transparan tehadap seluruh prajurit TNI AL ataupun keluarganya.

Upaya pemutusan rantai penularan, pengawasan terhadap kepatuhan akan pelaksanaan Protokol Kesehatan dalam memasuki era Adaptasi Kebiasaan Baru pada daerah hulu  merupakan hal yang sangat penting pada alur proses pandemi ini.

Pola Test, Tracing, Treatment dalam penanganan pandemi Covid-19 ini harus dijalankan secara seimbang dan didukung adanya pengakuan hukum yang kuat ungkap Karumkit Dr. Oepomo dr. Chonifa, Sp. THT. KL. FICS.,  Kegiatan Skrining Rapid test ini merupakan  bagian dari kegiatan Test dan Tracing yang menjadi  kegiatan utama dari Dinas Kesehatan di jajaran Lantamal V dalam penanggulangan pandemi Covid-19 ini.

Sebelum Rapid Test dimulai dilakukan KIE (Komunikasi,Informasi dan Edukasi) terlebih dahulu secara   proporsional oleh Mayor Laut (KH/W) Fitri Erna Pamen Rumkit Dr. Oepomo Lantamal V didampingi Mayor Munali dan Lettu (KH/W) Yuli E. Hal ini dimaksudkan agar peserta Rapid test paham tujuan kegiatan dan bagaimana cara membaca hasilnya.secara benar sehingga tidak terjadi kepanikan ataupun salah pengertian.

Hasil yang didapat dari giat Rapid Test di Rumdis TNI AL  RSS  Wonosari ini hasil sementara non reaktif yang mana nantinya apabila terdiagnosa  ada yang  reaktif, maka akan segera dilakukan pendalaman dan penanganan lebih lanjut di Diskes Koarmada II dan isolasi madiri di Rumah tergantung tingkat kegawat darurattannya.

Selain rapid test secara cuma-cuma  warga RSS Wonosari juga menerima pembagian 9 Dos (9.000 masker) masker gtratis sebanyak yang disampaikan oleh Letkol Laut (P) Roni Sutadi, A. Md., kepada perwakilan warga Serma Teguh yang juga Ketua RW. 05 RSS Wonosari.

Tampak hadir pada acara rapid tes tersebut Letkol Laut (P) roni Sutadi A. Md., Mayor Laut (KH/W) Tri Erna, Mayor Laut (KH) Munali, Lettu Laut (KH/W) Yuli E. dan tenaga kesehatan Lainnya sebagai tenaga yang melaksanakan pengetesan.

Total Views: 77 ,

Related posts