Koramil 1001-12/Halong Dukung Adat Seni Budaya Kabupaten Balangan

Balangan Kalsel-PW:  Koramil 1001-12/Halong ikut dukung seni budaya acara mesiwah pare gumboh, merupakan pesta panen sebagai wujud rasa syukur atas rejeki kesehatan yang di dapat selama setahun belakangan.

Dalam pelaksanaan acara Mesiwah Pare Gumboh di Desa liyu,Kecamatan halong,Kabupaten Balangan,Kalsel tetap mengikuti protokol kesehatan selama pelaksanaan.minggu (26/07/2020)

Selama pelaksanaan Babinsa 12/Halong dan bhabinkamtibmas Polsek Halong berperan langsung dalam pengamanan dan pengawasan protokol kesehatan tersebut.

Acara ini berlangsung secara sederhana,panitia pun menjalankan secara ketat protokol yang berlaku dengan menyediakan tempat cuci tangan dan pemeriksaan suhu tubuh untuk tamu yang berkunjung.

Menurut kepala desa liyu Sukri pada tahun sebelumnya acara pesta panen di adakan dalam bentuk festival di karenakan musim pandemi covid 19,festivalnya pun ditiadakan dan hanya di gelar secara ritual adat.

Serda Rahmadi selaku babinsa Desa liyu sangat mendukung kegiatan masyarakat di wilayahnya, Ia mengatakan tradisi yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini harus dilestarikan.ucapnya(Mk-95).

Total Views: 109 ,

Related posts