Prajurit Batalyon Kapa 2 Marinir Melaksanakan Pemanenan Buah Kelengkeng

Surabaya, PW: Bertempat di lahan ketahanan pangan, Danyon Kapa 2 Mar Letkol Mar Jaka Sulistiana Putra, M.Tr.Opsla bersama anggota melaksanakan panen raya buah kelengkeng. Trian Soepraptono, Ujung Surabaya. Jumat (17/07/2020).

Buah kelengkeng merupakan buah-buahan dari daratan Asia Tenggara dengan nama ilmiahnya Dimocarpus Longan, tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang penuh dengan suhu 20-33 C dengan kelembapan 65-90%, tanaman kelengkeng menghendaki tanah yang gembur dengan lapisan tanah yang tebal dan dapat mengikat air dengan baik.

Dengan memanfaatkan lahan yang tidak produktif pada tanggal 21-01-2019 Danyon Kapa 2 Mar memerintahkan ke seluruh anggota untuk memanfaatkan lahan tersebut sebagian untuk ditanami pohon kelengkeng, hal ini sesuai dengan program dari satuan atas dalam melaksanakan program ketahanan pangan, setelah 18 bulan berlalu dengan perawatan dan pemupukan yang baik dan teratur, tibalah saatnya untuk melaksanakan panen pertama, acara diawali dengan pemetikan secara simbolis oleh Danyon Kapa 2 Mar dan disaksikan seluruh anggota di lahan ketahanan pangan Yonkapa 2 Mar.

Danyon Kapa 2 Mar menyampaikan “Bahwa keberhasilan panen pertama ini patut kita syukuri, berkat kepedulian seluruh prajurit untuk menjaga dan merawat tanaman dengan baik, maka sekarang kita bersama bisa menikmati hasilnya, kebun buah ini dari kita untuk kita semua, untuk itu kedepanya kita tingkatkan lagi kepedulian kita supaya kelak pada panen betikutnya berbuah lebih banyak dan lebat hasilnyaā€¯.

Pada kegiatan panen buah kelengkeng tersebut dihadiri oleh seluruh anggota dan perwira Batalyon Kapa 2 Mar dengan tetap melaksanakan Protokol kesehatan pencegahan Covid 19.

Total Views: 100 ,

Related posts