Banjir Langanan Desa Doro, Ruma Warga Sasaran

HALSEL PW.Sungai ake lasa meluap di Desa Doro Kecamatan Gane Barat Kabupaten Halmahera Selatan, sebanyak 24 unit rumah warga terendam air sungai ake lasa.

Babinsa Desa Doro Babinsa Pelda Fahiruddin Desa Doro Kecamatan Gane Barat, ketika dihubungi Pelopor Wiratama. Rabu (15/7), mengatakan bahwa di Desa Doro memang langanan banjir setiap tahun, akibat dari kondisi sungai kali ake lasa tidak ada penangkal air sebagai pelindung atasi air sungai untuk melindungi pemukiman masyarakat.

Sekitar pukul 14:30 Wit Selasa (14/7) hujan menguyur Desa Doro, kurang lebih selang satu jam lebih kali ake lasa sudah meluap rumah dan merembet pemukiman warga, air sungai jadi incaran rumah warga yang membuat 24 unit rumah terendam air sungai, jelasnya. Banjir surut sekitar jam 17.00 Wit dan Sekitar jam 18.15 Wit, ungkapnya.

Tinggi air sungai yang menguyur pemukiman masyarakat sekitar 1,20 Meter yang merendam 24 unit rumah warga di Desa Doro.Tidak ada korban jiwa (warga), hanya Kerugian materil 4 rumah masyarakat yang dapurnya ambruk (rusak).

Pejabat Desa Doro Idris Umsohi, ketika dikonfirmasi Rabu (15/7), menyampaikan memang Desa Doro sering banjir, ketika hujan pasti banjir dan pemukiman warga selalu digenangi air sungai.

Pagi ini kami bersama Babinsa dan warga membantu warga yang rumahnya terendam banjir, dan alhamdulillah situasi sudah aman. Pikiran kami apabila turun hujan itu membuat masyarakat panik, karena banjir sudah ulang-ulang di desa sini, imbuhnya. Kami berharap ada perhatian pemda Halsel untuk dapat menangani masalah ini, dan dapat memberikan penangan sungai ake lasa di Desa Doro, pintanya. (A/Red).

Total Views: 252 ,

Related posts