Dankolatmar Memaparkan Rencana Latopsduk Passus dan Lomba Binsat Korps Marinir Melalui Vicon

(Pasuruan), PW: Komandan Komando Latih Korps Marinir ( Dankolatmar), Kolonel Marinir Suliono, S.E memaparkan Rencana Latihan Operasi Dukungan Pasukan Khusus (Latopsduk Passus) dan Lomba Pembinaan Satuan (Binsat) Korps Marinir TA. 2020 di Ruangan VIP Lapangan Tembak F.X. Supramono, Karang Pilang, Surabaya. Senin (13072020)

Rapat yang diselenggarakan melalui Video Conference (Vicon) dipimpin langsung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jendral TNI (Mar) Suhartono, M. Tr (Han) dihadiri segenap pucuk pimpinan jajaran Komando Pelaksana (Kolak) Korps Marinir mulai dari Pasmar 1, 2, dan 3, Brigade Infanteri 4, Asisten Dankormar, Kepala Dinas (Kadis) Kormar, Pangkalan Marinir Surabaya dan Jakarta, Rumkitmar Cilandak dan Dankolatmar selaku pemapar materi.

Materi yang dipaparkan Dankolatmar, diawali dengan laporan perkembangan proses administrasi dan penyiapan daerah latihan baru Pantai Kondang Iwak Malang yang saat ini terus dilaksanakan pembenahan.

Dilanjutkan dengan materi Latihan Operasi Dukungan Pasukan Khusus (Latopsduk Passus), Latihan Operasi Dukungan Pasukan Khusus Gabungan TA. 2020. Kedua materi latihan tersebut dilaksanakan untuk menyiapkan profesionalitas prajurit yang mempunyai kualifikasi pasukan khusus demi keberhasilan Korps Marinir mendukung tugas pokok TNI AL dan TNI dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP).

Materi rapat berikutnya adalah rencana pelaksanaan lomba Pembinaan Satuan (Binsat) yang akan diikuti oleh seluruh Satuan Pelaksana (Satlak) dibawah jajaran Korps Marinir. Adapun materi yang akan dipertandingkan adalah; 5 kemampuan pokok parjurit Korps Marinir meliputi; Cross Country 8 Km, Menembak Senapan, Pistol dan Sniper, Renang, Speed Mars 8 Km, dan Halang Rintang. Semua pertandinga. Selama pertandingan perlengkapan yang digunakan Pakaian Dinas Latihan Tempur (PDLT) lengkap dengan Helm Baja, Senjata dengan beban seberat 8 Kg.

” Lomba Binsat antar satuan ini merupakan kegiatan yang prestisius dan syarat gengsi bagi para Komandan Batalyon dibawah jajaran Korps Marinir. Hasil pembinaan satuan masing-masing akan terlihat dalam pertandingan yang  menggunakan sistem penilaian yang telah ditentukan oleh penyelenggara.
Nama baik satuan akan dipertaruhkan di ajang lomba yang bergengsi ini”, jelas Dankolatmar saat ditemui usai memaparkan rencananya.

Dalam rapat ini Dankormar memberikan arahan; ditengah situasi Pandemi Covid 19 yang sampai saat ini belum berakhir, penerapan kehidupan normal baru (new normal) prajurit Korps Marinir harus tetap berlatih, mengasah dan mempertajam naluri tempur sebagai prajurit pasukan pendarat yang profesional dengan menerapkan protokol kesehatan, cuci tangan, menjaga sosial distancing dan physical distancing dan selalu menggunakan masker dalam setiap kegiatan.

Turut mendampingi Vicon Dankormar didampingi oleh Danpasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., Asops Dankormar Kolonel Marinir Ahmad Fajar, Dan Lanmar Surabaya Kolonel Marinir Idi Rizaldi dan Asisten Pasmar 2 , para Asisten Pasmar 2 dan Perwira Staf Kolatmar.

Total Views: 634 ,

Related posts

Leave a Comment